Membuktikan Oppo A16 yang Anti Cipratan Air Karena Sertifikasi IPX4

    GadgetSquad.id – Smartphone terbaru Oppo A16 ternyata memiliki sertifikasi IPX4, yang membuat perangkat tersebut anti cipratan air. Sehingga, ponsel ini cocok digunakan meskipun dalam kondisi musim hujan, termasuk bisa membuat konten foto dan video.

    IP adalah kependekan dari Ingress Protection merupakan standar penilaian yang menentukan ketahanan, atau proteksi pada suatu perangkat, terhadap berbagai substansi dari luar. Standari ini biasanya disingkat IP Code atau IP Rating dan diikuti dengan dua digit angka dan huruf.

    Proteksi yang dinilai dalam sistem ini mencakup proteksi terhadap objek padat dan air. Standar ini ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC)—organisasi yang menetapkan standar internasional untuk berbagai teknologi elektrik dan elektronik. Penulisannya berupa huruf IP.

    GadgetSquad.id berkesempatan menjajal ketahanan Oppo A16 itu terhadap percikan air. Ketika disemprotkan air baik di bagian depan maupun belakang, ponsel merek asal Cina ini masih bisa berjalan dengan normal tanpa gangguan.

    Selain itu, menjajalnya juga dengan mencelupkan smartphone Oppo ini ke dalam kolam renang selama 10 detik. Lagi-lagi, smarthone masih berfungsi normal. Bahkan Oppo A16 ini bisa mengambil gambar di dalam air. Meskipun tidak bisa tahan lama di dalam air, pengguna bisa membuat konten yang lebih bervariatif.

    Menariknya, ketahanan terhadap air dari Oppo A16 ini dilakukan tanpa oftcase atau hardcase yang bisa digunakan untuk melindungi bodi smartphone.