4 Jenis TWS Yang Perlu Dikenali Agar Sesuai dan Nyaman di Telinga

GadgetSquad.id – TWS atau True Wireless Stereo atau mungkin banyak lebih mengenal sebagai perangkat Bluetooth Headset/Earphone, sudah menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan. Mulai dari virtual meeting, mendengarkan audiobook, bermain game, hingga mendengarkan lagu sambil beraktivitas, perangkat TWS kerap digunakan agar bisa mendengarkan suara audio dengan lebih jernih dan nyaman.

TWS JBL

Selain kualitas audionya, bentuk atau jenis TWS juga perlu diperhatikan oleh pengguna. Ini terkait kenyamanan ketika perangkat True Wireless Stereo digunakan atau dipasang di telinga. Selama ini mungkin ada yang merasa kurang nyaman saat menggunakan TWS.  Bisa jadi itu karena jenis TWS yang digunakan tidak sesuai dengan bentuk telinganya.

Baca juga : 4 Keuntungan Memakai TWS yang Harus Diketahui!

4 Jenis TWS

Agar bisa merasa nyaman saat menggunakan TWS, penting untuk mengetahui beberapa jenis TWS. Dengan begitu kamu bisa memililih sesuai dengan bentuk dan ukuran telinga kamu. perangkat True Wireless Stereo terbagi menjadi 4 kategori sederhana, antara lain yaitu :

  1. Dot – Closed

Jenis TWS  dengan cangkang bentuk dot dan ear tip yang berbahan silikon ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus pendek dan concha (bagian dalam telinga) yang dalam. Ketika digunakan, silikon ear tip-nya akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. Karena tingkat bass dan peredamannya yang kuat, model ini cocok untuk Anda yang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara yang tajam. Contoh TWS jenis ini yaitu JBL Reflect Contour 2

TWS JBL Reflect

2. Stick – Closed

Jenis TWS ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus bentuk V solid dan concha dangkal. Mirip dengan Dot, model ini juga memiliki ear tip berbahan silikon, namun memiliki cangkang dengan tambahan gagang pendek untuk mencegah TWS mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. Ketika dipakai silikon ear tip akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. Buat yang cocok dengan perangkat True Wireless Stereo jenis ini, salah satu contohnya yaitu JBL Live Pro+ TWS

TWS JBL Live Pro+

3. Stick – Open

TWS jenis ini sedikit berbeda dari 2 model sebelumnya, ear tip-nya yang tidak menyegel penuh lubang telinga membuat pemakainya masih dapat mendengar suara sekitar dengan lebih baik. Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus berbentuk V solid & concha dangkal, cangkangnya memiliki gagang yang pendek untuk mencegah earbuds mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. Contoh perangkat True Wireless Stereo jenis ini yaitu JBL Tune 225TWS Ghost Edition.

TWS JBl Tune

4. Headphone On-Ear dan Over-Ear

Selain itu ada juga model headphone On-Ear dan Over-Ear. Jenis desain ini sangat cocok untuk pecinta musik yang suka mendengarkan dalam waktu yang lama tanpa kelelahan. Headphone model On-Ear dan Over-Ear tidak memerlukan penyesuaian bentuk telinga sehingga lebih mudah untuk memilih jenis headphone yang nyaman sesuai dengan kebutuhan aktivitas Anda. Rentang model On-Ear dan Over-Ear JBL memberikan kinerja dan kenyamanan yang luar biasa, dengan bass yang dalam, mid yang jernih, dan frekuensi tinggi yang diperluas. perangkat True Wireless Stereo jenis ini seperti JBL Quantum 400 atau JBL Tune 500BT .

Harga Promo 

Jika sudah menentukan varian TWS yang sesuai dan cocok dengan telinga kamu, ada promo menarik dari JBL hingga akhir Mei 2022, yaitu mulai dari Shopee dengan Mantul Sale (25-27 Mei 2022), Tokopedia dengan Waktu Indonesia Belanja (25-31 Mei 2022), Blibli dengan Pay Day + Java Jazz (25-31 Mei 2022).