Photo : Ngebut ! Jajal Koneksi 4G Smartfren di Kaki Gunung Salak

Pada tahun 2015 lalu smartfren meluncurkan layanan Voice over LTE (VoLTE) yang ingin membuktikan bahwa jaringan 4G LTE dan fitur terbarunya tidak hanya kencang di kota-kota besar saja, tetapi juga di berbagai daerah pelosok Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, kami ingin membuktikan seberapa kencang dan seberapa luas jangkauan internet dari smartfren lewat fun network drive test yang kami lakukan di kota Bogor. Kami berkunjung ke salah satu Wisata Air Terjun di Bogor yakni, Curug Luhur yang terletak di Desa Gunung Malang, Ciomas, Bogor. Curug ini masih termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun yang letaknya berada di kaki Gunung Salak. Lokasi Curug Luhur tepatnya berada di Desa Ciapus, Kec Ciomas, Kab Bogor. Jaraknya sekitar 24 km dari pusat kota Bogor dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Kala memasuki ke kota ini, kami memantau sinyal 4G Smartfren sudah cukup stabil bahkan di beberapa bagian kota sudah tercover jaringan 4G+.

Sesampainya di lokasi kami pun cukup terkesan dengan jangkauan sinyal smartfren. Walaupun bar indikator sinyal pada ponsel yang kami dapati tidak penuh (3 bar), menurut kami hal tersebut sangat bisa di maklumi, mengingat jarak dan lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota. Terlepas dari hal tersebut, saat kami mengakses internet untuk berbagai kegiatan seperti, video call melalui aplikasi Whatsapp, hasil nya cukup lancar yang memungkinkan suara bisa terdengar jelas dengan visual gambar yang baik dan tidak ada bagian yang tertinggal.

Tidak hanya itu, internet yang cukup lancar ini juga kami rasakan saat menonton film streaming dan berselancar di media sosial seperti TikTok. Selagi berada di tempat yang sejuk dengan pemandangan alam hijau yang bisa menghilangkan stres, sayang rasanya momen ini bila tidak diabadikan dan dibuang begitu saja. Koneksi internet yang stabil dan cepat dari smartfren memudahkan dan sangat membantu kami untuk membuat konten video dan mengunggah aktivitas keseharian di sosial media.

Untuk mengetahui performa nya, kami pun turut menguji jaringan kecepatan internet smartfren saat di lokasi dengan menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla. Hasil pengujian dengan SpeedTest menunjukkan kekuatan unduh Smartfren mencapai angka 28,6 Mbps dan upload di angka 3,64 Mbps. Dari hasil tersebut kami menyimpulkan bahwa, smartfren cukup bisa menunjukan performa dengan sangat baik untuk jaringan internet cepat dan stabil yang berada di daerah pelosok. Dengan meningkatnya kualitas jaringan dan semakin luas jangkauan, tidak heran semakin banyak pelanggan yang bisa menikmati layanan internet 100% 4G dari Smartfren.