50W Flash Charge, Teknologi Pengisi Daya Cepat di HP OPPO, Apa Keunggulannya?

0
159

 50w flash chargeSelain memiliki kamera bagus dan spesifikasi mumpuni, Smartphone OPPO dari dulu sudah dibekali dengan baterai tahan lama serta memiliki fitur pengisian daya cepat atau flash charging. Dan yang terbaru, OPPO juga sudah benamkan teknologi baru, yakni 50w flash charge. Bagaimana kinerja Cara 50W Flash Charge dan apakah bisa mengakomodasi pengguna?

Baterai Besar Plus Flash Charge

Pengguna dengan aktifitas yang tinggi pastinya membutuhkan smartphone dengan daya tahan baterai yang lama, guna mendukung aktifitas mereka sehari-hari. Namun, smartphone dengan baterai besar biasanya memiliki bodi smartphone yang tebal dan berat, sehingga mempengaruhi kenyamanan penggunaan.

Oleh karenanya selain memiliki baterai besar dengan daya tahan lama, pengisian baterai cepat juga menjadi fitur yang mutlak harus dimiliki smartphone jaman sekarang. Berkat fitur flash charging inilah meski mendapati baterai smartphone habis di pagi hari, kamu bisa mengisinya kembali dengan cepat sebelum beraktifitas diluar.

Seperti pada OPPO Reno5 yang hadir resmi di Tanah Air pada pekan kedua Januari 2021. Selain kamera mumpuni, smartphone ini sudah dibekali teknologi 50W Flash Charge pada sistem pengisian dayanya.

Teknologi Pengisian Daya Cepat di smartphone OPPO

Sebelumnya OPPO sudah dikenal dengan teknologi VOOC, merupakan singkatan dari “Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging”. Ini adalah teknologi pengisian daya cepat yang dikembangkan Oppo sejak tahun 2013.

Saat pertama kali diperkenalkan, VOOC memiliki kecepatan pengisian daya 400 persen lebih cepat dari charging lainnya. Teknologi ini mampui mengisi baterai hingga 75 persen hanya dalam waktu 30 menit saja. Debut pertama teknologi VOOC tersedia pada Oppo Find 7 tahun 2014 silam.

Hingga pada perkembangannya OPPO mengembangkan VOOC menjadi SuperVOOC. SuperVOOC dikembangkan dengan menerapkan algoritma low-voltage pulse-charge system, baterai baru yang disesuaikan, serta hardware dan software terbaru.

Baca juga: Unboxing OPPO Reno6

SuperVOOC mampu mengisi penuh baterai berkapasitas 2.500 mAh hanya dalam waktu 15 menit saja. SuperVOOC mendukung konektor Micro USB dan USB C yang telah disesuaikan dengan standar global.

Namun di Reno5 justru OPPO tidak menggunakan nama SuperVOOC. Mereka kini menggunakan teknologi 50W Flash Charge yang hadir pada masa di mana para kreator konten makin sering ciptakan video melalui smartphone.

Sebelumnya OPPO sudah memperkenalkan teknologi 30W VOOC Flash Charge 4.0. pada Reno4. Arus memang sudah tergolong kencang, namun bisa kurang fleksibel, mengingat pengguna harus menggunakan adaptor bawaan untuk pengisian daya 30W.

Kinerja 50W Flash Charge

Lewat 50W Flash Charge pada OPPO Reno5. OPPO tidak menggunakan embel-embel “VOOC”, tujuan supaya teknologi ini bisa digunakan secara universal. Di Reno5, OPPO tampaknya ingin membuat perangkat pengisian dari varian Reno baru tersebut lebih fleksibel, atau bisa dipakai tidak hanya perangkat OPPO saja.

Dalam presentasi OPPO Indonesia beberapa waktu jelang peluncuran OPPO Reno5, Aryo Meidianto menjelaskan bahwa adapter yang tersedia pada OPPO Reno5 memiliki kompabilitas lebih luas. OPPO Reno5 hadir dengan pengalaman pengisian daya yang lebih cepat dengan 50W Flash Charge, memiliki daya puncak 66,6% lebih tinggi dari OPPO Reno4 (30W) sebelumnya.

Jadi OPPO Reno5 hadir dengan adaptor SuperVOOC 2.0 65W pada dalam kotak penjualannya. Di mana adapter tersebut tentunya juga dapat digunakan mengisi daya OPPO Reno4 Pro juga Find X2 Pro.

Dengan 50W Flash Charge, OPPO Reno5 dapat memperoleh waktu selama 3 jam untuk memainkan video hanya dengan 5 menit pengisian daya, 31 menit pengisian akan menghasilkan 80% tingkat kepenuhan baterai dan akan penuh 100% dalam waktu 48 menit.

Selain pengisian yang cepat, 50W Flash Charge juga sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland serta 5-layer Charging Protection untuk memastikan bahwa sistem pengisian cepat ini aman digunakan. Diketahui 50W Flash Charge memiliki kompabilitas dengan protokol SuperVOOC, Qualcomm Quick Charge 2.0, dan Power Delivery hingga 15 Watt.

Tidak hanya fitur 50w Flash Charge saja yang menarik di OPPO Reno5, beberapa fitur yang terdapat di ColorOS 11.1 bisa menjaga kondisi baterai cepat stabil. Selain itu masih ada proteksi lima lapis, mulai dari Sleep Standby Optimization sampai Optimized Night Charging. Dengan optimalisasi chipset Snapdragon 720G yang hemat daya, juga yang membuat daya smartphone ini jadi lebih tahan lama.

Fitur 50W Flash Charge juga dibawa oleh OPPO pada produk terbarunya OPPO Reno6, smartphone ini juga di tenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Di balik cangkang terdapat baterai berkapasitas 4.310 mAh.

Selain kedua smartphone ini ada pula beberapa smartphone yang mendukung 50 Watt Flash Charging, yakni: OPPO Reno4 Pro, Find X2 Pro, Find X2 dan Find X.