7 Fitur baru ColorOS 12 Wajib Dicoba di HP OPPO Kamu

fitur baru coloros 12

11 Oktober 2021 kemarin Oppo versi global ROM kustom berbasis Android 12, ColorOS 12, setelah pertama kali merilis versi khusus Cina pada September. OPPO fitur baru ColorOS 12 yang jawib kamu ketahui. Apa saja?

Pada ColorOS 12  juga memiliki banyak fitur privasi, keamanan, dan produktivitas, bersama dengan antarmuka pengguna (UI) yang didesain ulang. 

Desain dan Animasi 3D Icon Baru

ColorOS 12 dikemas dengan desain baru dan tampilan sederhana memiliki meliputi walpaper, ikon 3D, dan animasi yang mendukung smartphone dengan refresh rate tinggi. Eleman dari generasi sebelum masih dipertahankan, agar memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

Selain tampilan 3D icon dan animasi juga sekarang lebih lembut, berkat mengunakan engine baru yang memanfaatkan hukum inersia yang memberikan feedback lebih baik saat disentuh dan terasa lebih halus. Ini berkat perangkat lunak animasi Quantum Animation Engine terbaru, anti-stuttering AI engine.

Teknologi Anti-stuttering AI engine yang memberikan pengalaman sistem operasi yang mulus. Dan juga memastikan ponsel dapat beroperasi dengan lancar dan hemat daya baterai.

Interface ini menggabungkan sistem tema berbasis wallpaper Android 12 dengan Material You. Oppo juga menyertakan App Cloner dengan ColorOS versi terbaru. Tidak lupa, ada juga fitur kustomisasi tampilan, jadi lebih lebih personal kepada setiap individu pengguna.

Fitur Omoji 

Pada fitur baru ColorOS 12 aplikasi Omoji pengguna bisa membuat karakter, mulai dari kulit, apakah ingin polos atau dengan tahi lalat di pipi kanan atau kiri, serta di atas dan bawah. Setelah itu, untuk bagian kepala ada tiga pilihan di menu umur dan enam face shape.

Selain itu, ada juga banyak opsi gaya rambut, lengkap dengan warna0warnanya. Termasuk juga bentuk alis, mata, hidung, mulut, kuping, dan adanya aksesoris berupa topi, dan kaca mata. Setelah melakukan kustomisasi, sesuai dengan keinginan, selanjutanya, bisa pilih background dan mengambil foto atau video.

Omoji akan merefleksi ekspresi wajah dalam foto, bahkan kabarnya ke depannya Omoji dapat digunakan untuk bertukar pesan. Saat ini, versi beta dari fitur ini mampu merekam video hingga 30 detik, meskipun suaranya tidak terdengar, mungkin karena masih versi beta dan bisa diperbaiki di versi akhir nanti.

Screen Translate

Dengan fitur baru ColorOS 12 ini kini tak perlu bingung saat membuka website berbahasa asing, karena pada versi barunya ini HP OPPO kini dapat melakukan translate bahasa suatu halaman secara instan, bahkan tanpa membuka google translate atau google lens telebih dahulu.

Cross-Screen Interconnection

Melalui ColorOS 12, HP OPPO kini bisa dikoneksikan ke PC. melalui Cross-Screen Interconnection membuat sistem dapat tersambung antara PC dan smartphone OPPO melalui PC Connect. 

Dengan fitur ini pengguna akan membantu produktifitas pengguna. Karena ponsel benar-benar dapat terhubung dengan laptop. Tampilan layar smartphone akan muncul di laptop dan bisa mengoperasikan ponsel langsung dari layar laptop. 

Selain itu, Fitur itu memungkinkan layar ponsel berpindah dan mengoperasikannya melalui laptop. Jadi pengguna juga bisa menonton video di smartphone melalui layar laptop dan mendapatkan notifikasi masuk di PC.

Indikator Kamera & Microphone

Pada fitur privasi, OPPO juga menambahkan tombol dan indikator akses kamera dan microphone. Dengan ikon ini, pengguna dapat langsung mematikan akses sejumlah aplikasi ke kamera dan microphone secara mudah.

Saat ada aplikasi yang mengakses kamera dan mic, maka akan langsung muncul notifikasi di bagian atas layar sebagai indikator, jadi pengguna lebih mudah untuk mengetahui saat kamera atau microphone aktif mengambil gambar atau suara pengguna.

Approximate Location Sharing

Fitur pelindung privasi lainnya untuk pengguna adalah berbagi lokasi. Dengan fitur Approximate Location Sharing, pengguna yang diharuskan membagi lokasinya ke orang atau aplikasi, sistem tidak akan memberikan lokasi persis dimana pengguna berasa.

Pengguna OPPO meski madih dapat membagikan lokasi mereka, tapi tanpa perlu tingkat presisi yang tinggi.

Dashboard Privasi

Di versi barunya ini di HP OPPO juga dapat melindungi data penggunanya. Fitur terseubt diberinama dashboard privasi. Jadi Pengguna dapat melihat timeline ijin yang mereka diberikan kepada sejumlah aplikasi yang diinstall di HP. Jika dirasa tidak penting, pengguna bisa langsung mematikan atau uninstall aplikasi tersebut.

Itu tadi 7 fitur baru di ColorOS 12 yang wajib dicoba di HP OPPO kamu. Mana yang kamu suka? Untuk kamu ketahui untuk versi baru ini setidaknya ada 52 hp tipe OPPO akan mendapatkannya.