GadgetSquad.id – Ketika media sosial memberikan tekanan dalam kehidupan Anda menjadi tidak terkendali, Kaspersky memberikan rekomendasi berikut untuk mengalihkan perhatian Anda dari hiruk pikuk dunia online, dan melakukan detoks digital. Simak beberapa langkah bermanfaat dari Kaspersky berikut ini.

Minimalisir Paparan Konten Feed Anda
Berhenti mengikuti (unfollow) siapa pun yang tidak berkontribusi dalam Anda — mantan kolega yang baru terobsesi dengan sesuatu, hobi lama yang pada dasarnya hanya iklan, apa pun yang tidak ingin Anda inginkan. Jika Anda merasa tidak mendapatkan manfaat apa pun dari konten tersebut, Anda tidak perlu melihadnya pada feed media sosial. Jika Anda enggan untuk berhenti mengikuti atau berhenti berlangganan, cobalah untuk menerapkan fitur mute. Teman-teman Anda tidak akan mengetahui bahwa Anda telah membisukan mereka.

Sentralisasi komunikasi
Jejaring sosial lebih dari sekadar feeds; mereka juga menjadi tempat untuk tetap berhubungan dengan teman, kerabat, dan kolega. Tetapi jika Anda berkomunikasi dengan orang-orang di hampir setengah lusin platform, Anda mungkin membuang banyak waktu untuk memeriksa setiap pesan yang masuk. Coba terapkan pola komunikasi sentral dengan kolega Anda. Beritahu kemena mereka harus menghubungi Anda dan pusatkan hanya pada satu atau dua platform. Dengan begitu Anda akan dapat memeriksa platform lainnya lebih jarang tanpa takut kehilangan pesan penting.

Bersihkan layar Anda
Pernahkah Anda membuka ponsel cerdas hanya untuk memeriksa cuaca, dan kemudian melihat ikon Facebook, membukanya sebentar, dan akhirnya menghabiskan dua jam dalam platform tersebut? Untuk menghindarinya, coba pindahkan ikon media sosial Anda agar tidak terlihat. Misalnya, sembunyikan dalam folder atau meletakkannya ke halaman ketiga atau keempat aplikasi agar lebih tidak terlihat dan tidak terpikirkan.

Menata notifikasi
Tidak peduli seberapa Anda menghindari feeds dan bahkan menjaga ikon media sosial agar tidak terlihat, namun disaat sebuah notifikasi muncul, Anda dapat dengan mudah, tanpa berpikir mengklik pemberitahuan tersebut dan kembali lagi ke dalamnya.  Untuk membantu berkonsentrasi pada apa yang penting, coba non-aktifkan notifikasi yang tidak perlu. Anda dapat mempelajari instruksi dari Kaspersky untuk iOS, macOS, Windows 10, dan Android.

Konfigurasi durasi layar atau kesehatan digital
Mungkin Anda akan tersadar seberapa banyak Anda menghabiskan waktu di jejaring sosial dan aplikasi perpesanan. Kabar baiknya, sudah banyak aplikasi yang dapat membantu mengontrol kebiasaan digital pengguna dan tidak perlu diunduh, Anda dapat membuka pengaturan ponsel cerdas dan aktifkan Durasi Layar ( Secreen time) di iOS atau Kesehatan Digital (Digital wellbeing) di Android. Letakkan widget di tempat yang selalu Anda lihat. Dan jika melihat statistik saja tidak cukup, konfigurasikan aplikasi untuk memungkinkan Anda membuka jejaring sosial hanya pada waktu tertentu atau untuk waktu terbatas.

Istirahat sejenak
Setiap kali Anda memulai sesuatu yang baru, hal yang paling penting — dan tersulit — adalah membangun kebiasaan baru. Cobalah untuk menghindari aplikasi yang menghabiskan sebagian besar waktu Anda dalam seminggu atau periode tertentu. Ketika sudah mulai terbiasa, Anda dapat merencanakan melakukan perjalanan alam seperti mendaki gunung dan tidak memiliki koneksi internet sama sekali. Lebih baik lagi, menjauhlah dari Internet untuk sementara jika Anda bisa. Potong arus informasi sehingga Anda dapat mengatur ulang siklus kegiatan sehari hari dan tidak merasa ketinggalan.

Baca Juga: Seperti Apa Kamu di Media Sosial?

Hapus aplikasi atau profil Anda
Langkah ini adalah opsional; saran sebelumnya mungkin telah membantu Anda untuk mencapai kebebasan digital yang dicari, tetapi jika tidak, pertimbangkan untuk opsi terakhir yaitu menghapus aplikasi dari ponsel atau bahkan menghapus akun media sosial Anda. Jangan khawatir — Anda tidak akan kehilangan pos, pesan, atau foto-foto dalam platfrom tersebut. Hampir setiap jejaring sosial kini memungkinkan menyimpan data bahkan jika Anda menonaktifkan profil. Kasperseky telah memposting instruksi tentang cara melakukan ini untuk Facebook, Instagram, Snapchat, dan Twitter.

Mengawasi dan menjaga diri sendiri dengan baik
Setelah membebaskan diri Anda dari paparan media sosial yang berlebihan, luangkan waktu sejenak untuk memberi selamat dan apresiasi kepada diri sendiri, seklaigus mengawasi diri Anda dengan baik. Akan sangat mungkin ketika otak Anda berpikir untuk mencoba kembali ke kebiasaan lama. Jika dalam beberapa bulan kemudian, Anda membuka media sosial pada pukul 3 pagi dan ikut memposting perdebatan di kolom komentar profil orang asing, Anda dapat mengulangi kembali langkah-langkah sederhana di atas.

Kaspersky memahami kebutuhan relaksasi dari para pengguna yang mengalami kelelahan akibat paparan jejaring sosial dan dunia online. Kumpulkan lagi kekuatan mental Anda dengan mengunjung Cyber Spa dari Kaspersky di sini:  https://cyberspa.kaspersky.com/en

Pada platform Cyber Spa Kaspersky, pengguna akan menemukan beberapa kegiatan relaksasi sebagai berikut:

  • “Ketenangan tanpa akhir” (satu set meditasi audiovisual)
  • “Terapi suara” (relaksasi audio dengan suara futuristik)
  • “Fitness selfie” (satu set latihan wajah yang bertujuan menghilangkan tanda-tanda stres dan emosi negatif)
  • “Bola stres digital” (meditasi anti-stres taktil)