IoT Smart ManufacturingGadgetSquad.ID – Ekspansi bisnis Telkomsel di ranah digital terus berlanjut. Terbaru, dalam upaya mengakselerasi transformasi lintas sektor industri di Indonesia, Telkomsel resmi menghadirkan layanan Telkomsel Internet of Things (IoT) Smart Manufacturing.

Terobosan terbaru Telkomsel ini merupakan sebuah solusi digital bagi industri manufaktur yang bergerak menuju digitalisasi dengan connected sensor dan collected data dalam data platform sebagai pengumpulan data.

Berdasarkan data yang didapat, diharapkan bisa dianalisa untuk melakukan pengambilan keputusan cepat dan tepat, meliputi seluruh rantai suplai di perusahaan seperti produksi, quality, maintenance dan warehouse.

Dalam jangka panjang, End-to-end solution terintegrasi yang dihadirkan oleh Telkomsel IoT Smart Manufacturing ini, memungkinkan terciptanya industri manufaktur yang berkelanjutan (sustainable manufacturing), dengan mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, hingga keamanan pada setiap proses operasional perusahaan melalui analisis data akurat.

Baca juga: Selamat, Perwakilan Dunia Games esports Telkomsel, Raih Perak SEA Games Vietnam 2021

Dalam peluncuran layanan tersebut, Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel mengatakan, jika Telkomsel konsisten dalam upaya mendukung berbagai pelaku bisnis lintas sektor industri di Indonesia dalam mengakselerasikan transformasi sistem operasional melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT terkini yang dapat lebih membuka peluang bagi perusahaan untuk mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas operasional perusahaan.

“Dengan dukungan layanan IoT Smart Manufacturing, Telkomsel menghadirkan solusi digital terintegrasi pada rantai manufaktur yang sejalan dengan roadmap para pelaku industri Tanah Air dalam ekosistem yang mendukung komitmen Making Indonesia 4.0. Langkah ini sekaligus mempertegas kembali komitmen Telkomsel yang mendukung pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu unsur perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030 melalui percepatan transformasi Industri 4.0.” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Heru Kustanto,
Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin RI, mengatakan, bahwaKemenperin mengapresiasi Telkomsel sebagai salah satu solution provider yang komprehensif dan terbaik di sektor manufaktur sebagai partner industri dalam bertransformasi menuju Industri 4.0 di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Hadirkan tSurvey.id Untuk Kebutuhan Riset dan Survey Lebih Akurat

“Kami akan terus memberikan dukungan kepada solution enabler seperti Telkomsel yang membangun sinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi mewujudkan Indonesia 4.0.”

Soon Nam lebih lanjut menjelaskan, layanan Telkomsel IoT Smart Manufacturing menyediakan solusi yang lebih menyeluruh karena di dalamnya mencakup production control & monitoring, overall equipment efficiency (OEE), quality control using computer vision, traceability, warehouse management, manufacturing execution system (MES) dengan menyediakan data platform.

Selain itu, solusi digital ini dapat dikombinasikan dengan solusi Telkomsel IoT lainnya, seperti IoT Energy Monitoring solution, IoT Asset Performance Management untuk kebutuhan warehousing, IoT Manage SD-WAN 5G untuk solusi konektivitas berbasis cloud yang andal dan aman, IoT Fleetsight untuk monitoring aset, serta IoT Control Tower untuk order management untuk membangun smart industrial ecosystem yang semakin terintegrasi.

Saat ini, solusi digital yang dihadirkan oleh Telkomsel IoT pun telah diimplementasikan oleh PT. Akebono Brake Astra Indonesia sebagai brake manufacturer terbesar di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, Telkomsel IoT Smart Manufacturing diimplementasikan untuk memberikan solusi atas permasalahan warehouse management system dan part pulling system yang masih menjadi kendala bagi perusahaan tersebut dalam mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas karena belum terintegrasi sepenuhnya.

Daniel Suryananta, Direktur Teknikal PT Akebono Brake Astra Indonesia, mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik inovasi bisnis Telkomsel IoT Smart Manufacturing ini.

“Sebagai perusahaan manufaktur, kami membutuhkan warehouse management system dan part pulling system yang terintegrasi untuk mempercepat proses kerja dan mencegah human error.”

“Kolaborasi ini telah membantu kami melalui “Part Pulling Monitoring System” sebagai solusi business process transaction. Dengan dukungan teknologi RFID, kami dapat melacak part dalam polybox secara real-time, instan, dan report yang akurat. Kini proses kerja di part pulling atau part supply kami menjadi lebih efektif dan produktif.”