GadgetSquad.id – Para eksekutif Apple dalam wawancara dengan The Wall Street Journal akhirnya memberikan alasan mengapa Apple sekali lagi mengabaikan FaceID dan dukungan layar sentuh pada model MacBook terbaru. Kurangnya FaceID mungkin merupakan salah satu kritik terbesar untuk MacBook.

Banyak yang bertanya-tanya apakah teknologi itu akan berhasil masuk ke Mac setelah debutnya dengan iPhone X. Ada pembicaraan tentang fitur yang akan datang di masa depan, tapi penggemar kecewa dengan MacBook Pro 14 dan 16 inci terbaru, demikian dilaporkan Gizmochina.

Kedua model menampilkan notch yang sangat mirip dengan yang ditemukan di iPhone, tapi tetap tidak memiliki FaceID. Tom Boger, wakil presiden pemasaran produk iPad dan Mac, mengatakan alasan di balik ini adalah TouchID lebih nyaman di laptop karena tangan sudah berada di keyboard.

Topik perdebatan lain tentang Mac adalah dukungan layar sentuh. Orang-orang berspekulasi bahwa itu telah disimpan dengan cara ini agar Mac tidak mencopot penjualan iPad. John Ternus, wakil presiden senior teknik perangkat keras Apple, menyiratkan bahwa itu benar.

Menurut Ternus, Apple membuat komputer sentuh terbaik di dunia di iPad. Ini benar-benar dioptimalkan untuk itu. “Dan Mac benar-benar dioptimalkan untuk input tidak langsung. Kami belum benar-benar merasakan alasan untuk mengubahnya,” katanya. 

Boger dan Ternus juga menjawab pertanyaan tentang hilangnya dukungan RAM yang dapat diupgrade pada Mac terbaru. Baik Apple MacBook Pro 14 inci dan 16 inci memiliki modul RAM terintegrasi yang tidak dapat ditingkatkan sama sekali—mengecewakan bagi mereka yang mencari memori tambahan setelah pembelian. 

Alasan di balik ini dinyatakan sebagai arsitektur memori terpadu chip Apple yang memungkinkan kinerja memori lebih tinggi pada Mac dengan chip berbasis ARM. Tingkat kinerja serupa tidak dapat dicapai jika UMA dihilangkan hanya untuk memberi jalan bagi RAM yang dapat diupgrade.