GadgetSquad.ID – Food and Beverage (FnB) adalah bisnis yang nggak sangat menjanjikan. Hanya saja bukan perkara mudah, untuk bisa sukses di bisnis yang satu ini. Tapi jika sudah ketemu formulanya, bisnis kuliner gak ada matinya sob.

Nah di era digital ini, sebuah aplikasi bisa menjadi salah satu kunci sukses agar bisnis kuliner kamu bisa berkembang. Kondisi tersebut bisa dikatakan menjadi salah satu, alasan hadirnya aplikasi “Runchise”.

Runchise adalah, startup manajemen restoran dan waralaba kuliner yang kini resmi hadir di Indonesia. Lebih detail, Runchise merupakan sistem manajemen terintegrasi untuk restoran franchise.

Runchise memiliki solusi agar pelayanan pelanggan pada restoran Anda lebih cepat dengan adanya sistem operasional dan back office yang terintegrasi.

Aplikasi ini digadang bisa meningkatkan efisiensi operasional dan profit bagi para pemilik restoran atau franchise khususnya di bidang kuliner.

Daniel Witono selaku Founder dan CEO Runchise menuturkan, saat ini perkembangan bisnis kuliner dipengaruhi oleh pengelolaan atau sistem manajemen yang baik.

“Dengan menggunakan teknologi kami yakin para pengusaha akan bisa meningkatkan profit dan meningkatkan output dari usaha. Teknologi Runchise hadir menjadi solusi bagi pemilik bisnis kuliner, memberi para usaha kuliner solusi yang lengkap dalam satu platform dimana kebutuhan seluruh operational usaha kuliner bisa terpenuhi,” jelasnya.

Solusi manajemen yang ditawarkan oleh Runchise memiliki tiga produk utama yaitu:

Supply Chain Management :
Memudahkan operasional restoran yang memiliki banyak outlet, mulai dari pengaturan dan pengadaan stok, bahan baku, hingga pengaturan akses data perusahaan yang fleksibel.

POS (Point of Sales) :
Meningkatkan penjualan dengan operasional transaksi dan pelayanan yang ringkas dan cepat

Online ordering :
Membuka channel restoran untuk menerima pesanan pelanggan langsung dari aplikasi, dengan bantuan layanan pengiriman dari pihak ketiga seperti Grab Express atau Lalamove

Melalui sistem yang bersifat user-centric dengan ekosistem end to end, Runchise dirancang khusus untuk menunjang proses dan operasional bisnis sebuah outlet atau restoran secara konsisten. Runchise melakukan proses manajemen mulai dari pengaturan meja hingga analisis performa restoran, melalui satu platform terpusat.

Selain mmtelah resmi meluncurkan aplikasi, di saat yang bersamaan, Runchise mengumumkan telah meraih pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh East Ventures.

Investor lain yang turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini, antara lain Genesia Ventures, Arise MDI Ventures, Init6, Prasetya Dwidharma, Alto Partners, dan angel investors.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada investor Runchise atas kepercayaannya. Melalui investasi dan kolaborasi dengan investor, kami akan terus melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan performa bisnis food and beverages (F&B) dan menjadi mitra teknologi terpercaya di industri ini,” ucap Daniel.

“East Ventures senang untuk terus mendukung Daniel setelah mengikuti perjalanannya membangun Jurnal pada tahun 2015. Kami percaya perangkat lunak dan solusi end-to-end Runchise akan membantu meningkatkan digitalisasi ekosistem F&B di Indonesia, sebuah sektor menjanjikan yang akan terus berkembang pasca era pandemi,” kata Melisa Irene, Partner East Ventures.