Samsung Pay Resmi Hadir di Indonesia, Gimana Cara Pakainya

GadgetSquad.id – Smartphone Samsung yang mendukung Samsung Pay sekarang dapat menyimpan versi digital dari kartu vaksinasi Covid-19 pengguna. Perusahaan teknologi itu mengumumkan bahwa kemampuan ini hadir melalui kemitraan dengan lembaga nonprofit kesehatan The Commons Project.

Untuk bisa menghadirkan fungsi tersebut, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi CommonHealth gratis dari Google Play Store. Setrlah itu mengikuti petunjuk untuk mengakses catatan vaksin Covid-19 mereka, dari apotek yang berpartisipasi, sistem kesehatan, dan penyedia layanan kesehatan. Namun, sebagai catatan belum semua penyedia terhubung ke sistem.

Setelah pengguna memiliki akses ke kredensial Covid-19 dalam aplikasi CommonHealth, mereka dapat menambahkannya ke dompet Samsung Pay mereka. Pass Vaksin Covid-19 kemudian akan tersedia di halaman beranda aplikasi Samsung Pay.

Untuk restoran, sekolah, kantor, atau tempat lain yang memerlukan bukti vaksinasi, belum jelas apakah mereka akan menerima versi elektronik ini, atau apakah pengguna harus menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 dalam bentuk kertas. Dan Samsung Pay masih memiliki pangsa pasar yang sangat kecil dari pasar pembayaran seluler, di mana Apple Pay mendominasi.

Kartu vaksin Covid-19 elektronik agak lambat untuk dipahami, tapi ada beberapa kemajuan. Pada bulan Juni, Google membuka sistem pass bawaan Android untuk memungkinkan pengguna Android menyimpan kartu vaksin digital di ponsel mereka.

Tersedia pertama di Amerika Serikat, itu akan bergantung pada dukungan dari penyedia layanan kesehatan, atau organisasi lain yang berwenang untuk mendistribusikan vaksin Covid-19. Sementara beberapa negara bagian, seperti New York dan California, telah memperkenalkan kartu vaksin digital mereka sendiri.