Apple AirTag

GadgetSquad.id – Apple AirTag kini sudah hadir di iBox Indonesia dengan harga mulai Rp 449 ribu. Apa sih fungsinya Apple AirTag? Apple AirTag merupakan perangkat mungil canggih yang mirip seperti gantungan kunci berfungsi untuk melacak barang yang lupa saat disimpan.

Punya berati cuma 11 gram, AirTag dapat terhubung dengan teknologi Bluetooth 5.0 pada iPhone untuk melacaknya. Jika sudah terhubung, kamu bisa membunyikan suara speaker yang ada di AirTag. Caranya dengan membuka tab Item baru di aplikasi Find My.

Baca juga: Apple Dikabarkan Akan Umumkan AirPods Generasi Ketiga pada 18 Mei

Pengguna bisa mengikuti suara tersebut untuk bisa menemukan lokasi barang menempel pada AirTag. Seperti yang dilansir dari MacRumors, AirTag bekerja memancarkan sinyal Bluetooth yang di deteksi perangkat terdekat dalam jaringan Lacak.

Cara Kerja Apple Air Tag

Teknologi ini mampu mengirimkan lokasi AirTag ke iCloud yang kemudian dapat dilacak melalui aplikasi dan peta yang tersedia. Ada banyak jenis barang bisa disematkan AirTag seperti kunci mobil, motor, rumah, dompet, ransel, tas jinjing, sepeda, hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apple Bakal Rilis iPhone dengan Model 5G Internal pada 2023

Secara desain, AirTag memiliki bentuk lingkaran diameter 31,9mm dengan tebal 8,0mm. AirTag juga sudah mengantongi sertifikasi IP67. Jadi sudah pasti tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit menurut standar IEC 60529. Juga tahan udara kotor atau debu di sekitarnya.

Perangkat ciptaan perusahaan Cupertino, Amerika Serikat itu, mengandalkan chip U1 yang dirancang Apple. Chip itu digunakan untuk jaringan Ultra Wideband dan dilengkapi sensor akselerometer. Baterainya berbentuk koin CR2032 yang dapat diganti dengan mudah.

Selain bisa terhubung dengan perangkat iPhone dan iOS 14.5, AirTag juga bisa dihubungkan dengan iPod touch dan iPad dengan iPadOs 14.5 atau yang terbaru. Perangkat kecil ini bisa dipasangkan dengan aksesoris lain Apple AirTag Leather Key Ring, Apple AirTag Leather Loop, dan Apple AirTag Loop.

Harga Apple AirTag

iBox Indonesia juga telah memberikan diskon sebesar Rp 100 ribu bagi pembeli AirTag bersama dengan salah satu produk aksesorisnya. Ada juga paket penjualan empat pack atau berisi empat buah dengan harga banderol Rp 1,499 juta. Penawaran ini berlaku sampai 31 Juli 2021 beserta dengan promo gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.