GadgetSquad.id – Menurut salah satu analis Apple yang paling andal, Ming-Chi Kuo, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu sedang mengerjakan iPhone lipatnya sendiri dan akan siap pada tahun 2023. Laporan tersebut bahkan memiliki beberapa spesifikasi mengenai perangkat tersebut. 

Sebagaimana dilaporkan GSM Arena, dengan bantuan dari beberapa sumber industri, Kuo memperoleh beberapa informasi pemasok. Misalnya, layar akan berukuran sekitar 8 inci secara diagonal saat dibuka dan akan memiliki resolusi QHD +.

Pemasok layarnya sekali lagi adalah Samsung, tapi akan menggunakan teknologi sentuhan kawat nano perak yang dikembangkan oleh TPK. Karena keunggulannya yang menarik dibandingkan pendekatan Y-Octa Samsung.

Dalam laporkan Kuo bahkan menyebutkan bahwa, Apple memiliki target pengiriman perangkat lipat tersebut. Raksasa teknologi yang dipimpin Tim Cook itu meiyakini bisa mengirimkan antara 15 hingga 20 juta unit. 

Laporan tersebut juga menyebutkan merek pesaing lainnya seperti Oppo, vivo, Xiaomi dan Honor. Mereka semua akan mengikuti pasa hape lipat pada akhir tahun ini atau di awal tahun berikutnya dengan total volume sekitar 17 juta unit. 

Perlu diingat, meskipun Kuo mengatakan bahwa berita tersebut sangat spekulatif dan jika pasar tidak mengadopsi faktor bentuk baru, Apple dapat dengan mudah membatalkan semua rencana yang dapat dilipat. 

Pada akhir tahun lalu, muncul spekulasi bahwa Apple meminta Foxconn membangun dua prototipe lipat yang berbeda. Satu didesain seperti Samsung Galaxy Z Fold, sedangkan model lainnya mirip dengan Galaxy Z Flip.

Untuk model yang pertama, layarnya memiliki ukuran 6,2 inci dan ketika dibuka menjadi tablet berukuran 7,6 inci. Dan kedua membuka dari ukuran saku menjadi ponsel 6,7 inci dengan layar tinggi dan tipis, diduga condong ke arah desain kulit kerang seperti Galazy Z Flip. 

Jika Kuo benar, iPhone yang dapat dilipat akan memiliki layar yang sedikit lebih besar dari iPad mini 7,9 inci. Satu hal yang perlu dipertimbangkan, jika Apple menggunakan layar 8 inci untuk iPhone yang dapat dilipat, itu akan menunjukkan bahwa desainnya mirip Galaxy Z Fold karena layar 8 inci mungkin terlalu besar untuk desain kulit kerang.