Apple Rilis macOS Monterey Kompatibel dengan Chip Apple dan Mac Berbasis Intel 

GadgetSquad.id – Apple merilis macOS 12 Monterey ke Mac, kompatibel dengan yang menjalankan chip Apple atau prosesor Intel. Versi baru adalah upgrade gratis untuk siapa saja dengan mesin yang kompatibel. 

Versi macOS Monterey membawa serta sejumlah fitur dan peningkatan baru. Yang pertama adalah SharePlay, yang juga ditayangkan di iOS dan iPadOS. Ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik, menonton film atau acara TV, dan lainnya bersama melalui panggilan FaceTime, demikian dilaporkan GSM Arena.

Panggilan FaceTime juga mendapatkan audio spasial, sehingga suara pembicara berasal dari arah mereka berada di layar. Peningkatan FaceTime lainnya termasuk Isolasi Suara untuk menghilangkan kebisingan latar belakang, Spektrum Lebar untuk memasukkan berbagai macam suara, Mode Potret—juga akan tersedia untuk Webex dan Zoom—dan tampilan kisi baru untuk panggilan grup. 

Fitur Kontrol Universal baru memungkinkan pengguna untuk dengan satu mouse dan keyboard antara Mac dan iPad. Perangkat hanya perlu berdampingan dan OS secara otomatis mengetahui saat pengguna menggerakkan mouse ke tepi layar perangkat mana yang ingin dipindahkan.

AirPlay to Mac juga memungkinkan pengguna dengan iPhone atau iPad untuk berbagi konten ke Mac seperti yang dilakukan ke Apple TV. Versi macOS Monterey juga mendapatkan beberapa fitur dari iOS 15, seperti Live Text dan Visual Look Up.

Live Teks mendeteksi teks dalam foto, termasuk nomor telepon, situs web, alamat, dan lainnya, dan teks tersebut dapat dicari, disalin/ ditempel, atau berinteraksi. Visual Look Up juga dapat mendeteksi hewan, tanaman, dan lainnya di foto dan membantu pengguna mempelajari lebih lanjut tentang mereka. 

Monterey juga mendapatkan Fokus, yang merupakan profil jangan ganggu khusus yang dapat dibuat untuk berbagai kesempatan, aktivitas, atau waktu dalam sehari dengan notifikasi yang dipersonalisasi. Safari juga telah diperbarui dengan UI baru, manajemen tab yang ditingkatkan, dan perlindungan privasi yang ditingkatkan.