GadgetSquad.ID – Kabar menarik bagi kamu yang naksir dengan jam pintar ala Samsung, seri perangkat Galaxy Watch 4 dan Watch 4 Classic. Kedua jam pintar tersebut bisa bertranformasi menjadi perangkat Walkie Talkie.

Dilansir laman Engadget, Samsung telah merilis aplikasi Walkie Talkie, yang memungkinkan pengguna dapat melakukan percakapan push-to-talk satu sama lain.

Salah satu perangkat yang kompartibel dengan aplikasi tersebut, yakni Samsung Galaxy Watch 4 dan Watch 4 Classic.

Aplikasi ini pertama kali ditemukan oleh XDA-Developers dan mengungkapkan jika fitur ini hanya berfungsi untuk perangkat Galaxy Watch terbaru, itu artinya generasi sebelumnya tidak mendukung fitur Walkie Talkie.

Bagaimana cara pemilik Samsung Galaxy Watch 4 dan Watch 4 Classic, bisa menikmati fitur Walkie Talkie tersebut?

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus masuk ke akun Samsung di ponsel yang terhubung ke jam tangan.

Samsung juga merekomendasikan untuk menggunakan dan menjalankan aplikasi untuk pertama kalinya saat jam tangan itu terhubung ke smartphone.

Setelah itu, pengguna dapat membuat saluran untuk percakapan, menyambungkan ke jam tangan teman terdekat, dan berbicara dengan menekan tombol mikrofon besar di tengah layar. Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur tersebut kapan pun.

Sebagai info, fitur ini mirip dengan Apple di mana pada tahun 2018 Apple fitur serupa ke Apple Watch dengan sistem operasi WatchOS 5.

Namun bedanya jika fitur walkie talkie push-to-talk di Apple hanya memungkinkan dua orang berkomunikasi sekaligus. Sedangkan di Samsung dapat dilakukan dua atau lebih pengguna.