GadgetSquad.id – Pada akhir Oktober, Asus mengungkapkan rencana pembaruan stabil Android 12 untuk smartphone yang memenuhi syarat. Satu setengah bulan kemudian, model pertama dalam daftar kini mulai menerima rilis Android terbaru sesuai jadwal yaitu, ZenFone 8.

ZenFone 8 diluncurkan tahun ini sebagai alternatif dari iPhone 12 mini tapi dengan versi Android. Smartphone ini memulai debutnya dengan Android 11 dan sekarang menjadi smartphone Asus pertama yang menerima pembaruan stabil Android 12.

Menurut XDA Developer, pembaruan sistem terbaru untuk ZenFone 8 hadir dengan nomor build 31.1004.0404.55. Dilaporkan diluncurkan untuk memilih pengguna sebagai bagian dari peluncuran batch. Oleh karena itu, perlu beberapa waktu untuk menjangkau setiap pengguna. 

Menariknya, meskipun dirilis pada bulan Desember, pembaruan perangkat lunak baru dikirimkan dengan patch keamanan November 2021. Mungkin, pembuat PC Taiwan itu akan menyemai build baru dengan patch keamanan yang diperbarui dalam beberapa hari mendatang. 

Melalui changelog, pembaruan sistem baru untuk handset membawa hampir semua fitur Android 12. Ini juga dilengkapi dengan fitur khusus ZenUI tertentu. Karena itu, ZenFone 8 Flip juga dijadwalkan untuk mendapatkan pembaruan stabil Android 12 pada Desember itu sendiri. Sehingga kemungkinan akan mendapatkan akses ke pembaruan dalam beberapa hari ke depan.