GadgetSquad.ID – Huawei kembali meluncurkan tablet generasi terbarunya, yaitu Huawei MatePad di Indonesia. Huawei MatePad digadang membawa pengalaman layaknya laptop, ke dalam sebuah tablet

Klaim membawa pengalaman layaknya laptop, ke dalam sebuah tablet, terbilang cukup membangkitkan rasa penasaran dengan performa Huawei MatePad versi baru ini.

Lalu apa saja amunisi Huawei MatePad, yang membuatnya bisa setangguh laptop 4 jutaan?

Tablet Huawei MatePad menggunakan layar berpanel IPS LCD berukuran 10,4 inci dengan resolusi 2K (2.000 x 1.200 piksel) serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 470 nits.

Layar tersebut turut dibekali kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0). Di bagian punggungnya, terdapat sebuah kamera belakang beresolusi 13 MP (f/1.8) yang ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Untuk dapur pacunya, Huawei MatePad diotaki oleh chipset Kirin 710A bikinan Huawei sendiri. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB.

Bila dirasa kurang, terdapat slot eksternal microSD up to 512GB. Huawei MatePad menjalankan sistem operasi (OS) buatan Huawei sendiri, HarmonyOS 2, yang sebenarnya berbasis Android.

Meski berbasis Android, tablet HarmonyOS ini tidak mendukung layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik Huawei MatePad tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Sebagai ganti Google Mobile Services, tablet Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Untuk sektor daya, Huawei MatePad ditopang oleh baterai berkapasitas 7.250 mAh. Dengan sekali pengisian daya, baterai tablet ini diklaim dapat tahan digunakan untuk memutar video HD 1080p secara terus menerus hingga 12 jam

HUAWEI MatePad  dijual dengan harga Rp. 4.899.000. Perangkat ini dapat dipesan melalui pre-order pada periode 12-22 April 2022.

Selama masa promo tersebut, pelanggan juga akan mendapatkan HUAWEI Smart Keyboard dan HUAWEI M-Pencil. Selain itu Pengguna HUAWEI MatePad juga akan mendapatkan pengalaman aplikasi eksklusif berikut;

HUAWEI Mobile Cloud: 200GB storage for 1-month

WPS Office: Free 3 months of VIP membership

Jnotes: Free 180 days of VIP membership

Touchnotes: Free 3 months of VIP membership

VidioFree: 3 months of Platinum membership