GadgetSquad.id – OPPO Reno6 sudah mulai menjalankan ColorOS versi beta berbasis sistem operasi Android 12, setelah sebelumnya pada saat peluncurannya menjalankan ColorOS 11 berbasis Android 11. ColorOS 12 ditargetkan untuk memberi pengalaman seamless dan menghadirkan kemudahan pengguna dalam mengintegrasikan smartphone dengan smart devices.

ColorOS 12 menghadirkan antar muka yang lebih segar, khususnya di sektor kamera. Salah satu mode kamera yang dieksplorasi adalah mode Portrait. Pada mode portrait di Reno6 dengan ColorOS 12, bokeh meter berada di bagian kiri bawah, menu filter dan efek ada di sebelah kanan.

Ubahan tampilan ini terlihat lebih clean dan simple, berbeda dengan ColorOS 11 yang meletakkan bokeh meter di bagian atas. Jika pengguna menyentuh ikon Magic Wand di kiri bawah pada mode Portrait ColorOS 12, makan akan menemukan dua pengaturan, yakni Retouch dan Filter.

OPPO Reno6 memiliki empat kamera belakang, dengan lensa utama 64 MP dengan aperture f/1.7, wide angle 8 MP dengan sudut 119 derajat dan aperture f/2.2, makro 2 MP (4cm) dengan aperture f/2.4, dan mono 2 MP dengan aperture f/2.4. Untuk kamera selfie-nya, Oppo Reno6 memiliki lensa 44MP dengan aperture f2.4.

Kamera juga ditunjang dengan chip Snapdragon 720G yang mendukung seluruh proses konten video maupun foto. Salah satunya adalah menyokong operasional fitur AI Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini digadang-gadang jadi yang pertama di industri kamera, secara otomatis memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik.

Jika beberapa hari yang lalu membandingkan perbedaan kamera utama OPPO Reno6 dengan ColorOS 11 dan ColosOS 12, kali ini membandingkan hasil kamera depannya.

Portrait Selfie Mode Normal dengan ColorOS 11

Portrait Selfie-Mode Normal dengan ColorOS 12

Kesimpulan:

Bisa diperhatikan Portrait Selfie Mode Normal dengan ColorOS 12 terlihat lebih detail secara keseluruhan daripada yang ColorOS11. Warna gambar lebih tajam, jernih, dan lebih nyaman dipandang daripada ColorOS 11 yang warnanya lebih seperti berkabut dan kurang kaya warna.

Portrait Selfie-Bokeh Flare Portrait dengan ColorOS 11

Portrait Selfie-Bokeh Flare Portrait dengan ColorOS 12

Kesimpulan:

Sama seperti pada Mode Normal, pada Mode Bokeh Flare dengan ColorOS 12 juga terlihat lebih detail daripada ColorOS 11. Layar belakang hasil gambar OPPO Reno6 dengan ColorOS 12 terasa lebih enak dilihat, karena warnanya lebih kaya dan tajam. Sedangkan yang ColorOS 11 warnanya atak buram dan terlihat warna putih lebih dominan, membuat Tampilan kurang tajam.