GadgetSquad.id – Samsung selama ini belum benar-benar fokus pada peningkatan kemampuan zoom optik model Galaxy S, ponsel andalannya. Galaxy S20 dan S20 Plus 2020 serta Galaxy S21 dan S21 Plus tahun ini hanya dilengkapi optical zoom 1,1x, tapi berkat resolusi sensor tinggi, 64MP, perangkat ini juga dapat menggunakan zoom digital untuk melengkapi kekurangan zoom optik ini. 

Menurut GalaxyClub.nl, Samsung tampaknya berencana mengambil pendekatan berbeda pada model terbarunya, Galaxy S22 dan S22 Plus yang akan tiba awal tahun depan. GalaxyClub.nl mengutip sumber yang mengatakan bahwaGalaxy S22 akan dilengkapi dengan lensa telefoto 10 MP yang mendukung 3X optical zoom, bukan hybrid zoom seperti era Galaxy S20 dan S21.

Sebelumnya pekan lalu, Galaxy S22 Ultra diperkirakan akan melanjutkan pengaturan kamera telefoto ganda 10 MP, seperti yang terpasanhg pada Galaxy S21 Ultra. Salah satu lensanya adalah lensa periskop yang menawarkan 10x optical zoom, sebagaimana dilaporkan Gizmochina.

Namun, bahkan jika Samsung menghilangkan lensa yang mendukung zoom optik 10X pada model standar Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus, setidaknya satu dengan zoom optik yang ditingkatkan diharapkan ada pada model tersebut. 

Selain itu, GalaxyClub.nl juga mengonfirmasi rumor sebelumnya bahwa model Galaxy S22 dan S22 Plus akan dibekali kamera utama 50 MP. Mengingat lensa wide-angle 12 MP sudah tidak perlu diragukan lagi, selebihnya yang perlu diketahui adalah peningkatan pada kamera depan. 

Banyak fitur dari seri Galaxy S22 yang masih belum diketahui. Namun rumor yang beredar Galaxy S22 Plus akan dibekali baterai 4.500 mAh dan ditenagai oleh chipset Exynos 2200 yang terintegrasi dengan GPU AMD mRNDA. Dari segi software, Galaxy S22 diperkirakan menjalankan OneUI 4.x berbasis Android 12 saat diluncurkan awal tahun depan.