Teknisi Telkomsel Batam, Johardi, memperbaiki perangkat jaringan broadband di wilayah Batam Center, Batam, Selasa (9/3).

GadgetSquad.ID – Senjakala layanan 3G milik Telkomsel mulai dilakukan. Yup, mengikuti saran pemerintah Telkomsel secara bertahap, sejak awal Maret 2022 secara bertahap melakukan upgrade layanan 3G ke 4G.

Nantinya hingga akhir tahun, total Telkomsel akan melakukan upgrade layanan 3G ke 4G, di 504 kota/kabupaten.

“Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, dan ditargetkan selesai pada Mei 2022 sebelum kemudian dilanjutkan pada upgrade tahap kedua,” ujar Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam keterangan resminya.

Proses “sayonara” layanan 3G dari Telkomsel sendiri dilakukan beberapa tahap, pertama di mulai pada bulan Maret hingga Mei 2022 di 90 kota/kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Kemudian dilanjutkan upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE di 132 kota/kabupaten pada bulan Juni hingga Juli 2022.

Tahap berikutnya proses yang sama dilakukan di 178 kota/kabupaten di bulan Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 kota/kabupaten pada bulan November sampai dengan Desember 2022.

Untuk memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE dapat berjalan baik dan tidak mengurangi kenyamanan pelanggan, Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi secara optimal, yang dilakukan hingga tingkat kecamatan di kota/kabupaten yang akan menjalani proses upgrade.

Telkomsel juga akan terus melakukan pengkajian yang terukur dari setiap proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE di total 504 kota/kabupaten untuk setiap periodenya.

selain itu, agar proses migrasi dari 3G ke 4G bisa lebih cepat dirasakan pelanggan, Telkomsel telah memulai rangkaian inisiatif untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dalam mengakses jaringan 4G/LTE.

Langkah tersebut mulai dari menyediakan beragam program dan produk menarik, di antaranya paket kuota data 4G SeruMAX, Paket BundlingMAX, hingga tambahan kuota 4G hingga 30GB untuk pelanggan yang telah melakukan migrasi atau penukaran kartu non 4G ke kartu 4G (uSIM).

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.