GadgetSquad.ID – Seiring kasus positif Covid-19 yang terus melandai, perlahan berbagai aktivitas tatap muka mulai bisa dilakukan, salah satunya kegiatan belajar mengajar.

Yup, dengan prokes ketat, serta jumlah siswa/siswi yang dibatasi pembelajaran tatap muka mulai diselenggarakan di beberapa daerah.

Di sisi lain, kondisi di atas tidak menghentikan komitmen pemerintah serta operator, untuk kembali memberikan kuota internet gratis, agar belajar online di rumah tetap lancar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek), kembali menyalurkan pencairan kuota internet gratis untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online.

Ini merupakan bantuan bulan kedua, setelah sebelumnya disalurkan pada September. Adapun November menjadi bulan terakhir penyaluran bantuan kuota internet gratis Kemendikbud Ristek.

Bantuan ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu sebagai upaya pemerintah menjalankan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online saat pandemi COVID-19. Target penerima 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan bantuan kuota internet Kemendikbud pada tahun lalu, untuk sekarang paket data tersebut hanya tersedia kuota umum saja.

Besaran Bantuan Kuota Data Internet Kemendikbudristek 2021
Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan
Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan
Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan
Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan

Lalu bagaimana cara mengecek ketersedian kuota tersebut. Berikut ini cara mengecek kuota internet gratis Kemendibud ini ponsel:

1. Telkomsel
Tekan *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet

2. Indosat Ooredoo
Tekan *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS.
Aplikasi myIM3 > beranda > data

3. Tri
Tekan *123*10*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS.SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234
Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

4. XL Axiata & Axis
Tekan *123*7*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)

5. Smartfren
Tekan *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS.SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995

Ingat, bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id