GadgetSquad.idJika kamu menemukan perilaku dan konten perundungan atau bullying di Instagram, Kamu dapat melaporkannya dan Instagram akan menghapus konten tersebut.

Bullying di dunia maya merupakan hal yang kompleks, oleh karena itu, hari ini Instagram meluncurkan fitur terbaru untuk membantu memerangi perilaku bullying, termasuk cara baru untuk mengidentifikasi dan melaporkan foto-foto yang bersifat menghina.

Selain itu, Instagram juga membuat sebuah efek kamera baru untuk membantu menyebar lebih banyak kebaikan diStories. Sebagai pemimpin Instagram yang baru, saya bangga bisa mengambil bagian dalam usaha untuk membuat Instagram menjadi komunitas yang positif dan aman untuk Anda.

Mendeteksi Bullying di Foto

Meskipun sebagian besar foto yang dibagikan di Instagram bersifat positif dan membawa kebahagiaan bagi orang lain, terkadang ada pengguna yang membagikan sebuah foto yang meresahkan. Sekarang, Instagram menggunakan sebuah teknologi mesin pembelajaran untuk secara proaktif mendeteksi bullying di dalam foto maupun keterangannya, serta mengirimkannya ke tim operasional komunitas Instagram untuk ditinjau.

Pembaruan ini akan membantu Instagram mengidentifikasi dan menghapus konten bullying secara signifikan. Ini merupakan langkah penting bagi usaha Instagram karena banyak pengguna yang mengalami ataupun melihat perilaku perundungan, tetapi tidak melaporkannya. Selain itu, fitur ini juga akan membantu Instagram melindungi pengguna yang masih muda, karena para remaja cenderung mengalami tingkat bullying yang lebih tinggi di dunia maya. Teknologi ini diluncurkan mulai hari ini dan akan terus bergulir selama beberapa minggu mendatang.

Fitur Penyaring Komentar Bullying pada Video Siaran Langsung (Live)

 

Comment-Contols_4UP_EN - Copy

Beberapa bulan lalu, Instagram memperkenalkan fitur penyaring komentar perundungan untuk secara proaktif medeteksi dan menyembunyikan komentar-komentar bullying dari Feed, Explore, dan Profile. Kini Instagram menambahkan fitur penyaring komentar yang sama untuk Instagram Live, agar pengalaman Kamu saat melakukan siaran langsung di Instagram tetap aman dan menyenangkan bersama teman-teman Anda. Fitur ini telah tersedia secara global.

Efek Kamera Kebaikan

Menghentikan bullying adalah hal yang penting, tetapi selain itu, Instagram juga harus melakukan lebih banyak hal untuk merayakan dan menginspirasi kebaikan di Instagram. Bersama dengan penulis buku, penari dan aktor muda, Maddie Ziegler, Instagram meluncurkan efek kamera kebaikan untuk terus menyebarkan hal-hal positif di Instagram. Maddie dengan tegas menentang perilaku bullying di dunia maya, semenjak ia mengalaminya sendiri. Maddie juga merupakan salah satu dari sekian banyak orang di komunitas Instagram yang menggunakan Instagram untuk mepromosikan hal-hal positif.

Spread-Kindness-3UP_EN - Copy

Jika Kamu mengikuti Maddie di Instagram, Kamu akan mendapat efek kamera ini secara otomatis. Geser layar Kamu ke kanan untuk membuka laman kamera, ketuk ikon berbentuk wajah yang berada di bagian bawah dan pilih efek kamera terbaru. Dalam mode selfie, stiker hati akan memenuhi layar Anda, dan Kamu akan diajak untuk menandai (mention) teman-teman yang ingin Kamu beri dukungan.

Teman Kamu akan menerima notifikasi bahwa Kamu menandai mereka diStory. Mereka dapat membagikannya ke Story mereka sendiri atau menggunakan efek kamera tersebut untuk menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Jika Kamu beralih ke kamera belakang, Kamu akan melihat berbagai komentar-komentar baik dalam berbagai bahasa. Apabila Kamu bukan pengikut Maddie, tetapi melihat orang lain menggunakan efek kamera ini, pilih opsi “try it” untuk menambah efek tersebut ke kamera Anda. Pelajari lebih lanjut tentang efek kamera Instagram di sini.

Dalam rangka memperingati Bulan Pencegahan Perundungan Nasional di Amerika Serikat dan Pekan Anti Perundungan di Inggris yang akan datang, serta upaya pencegahan bullying di seluruh dunia, Instagram mengumumkan cara-cara baru ini untuk memerangi perilaku bullying di Instagram.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pembaruan-pembaruan terbaru dari Instagram, kunjungi well-being.instagram.com dan Pusat Bantuan Instagram. Bagi para orang tua yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai fitur-fitur ini, kunjungi parents.instagram.com

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan Instagram akan terus melakukan bagian Instagram untuk melindungi komunitas pengguna di seluruh dunia agar Kamu bisa menjadi diri Kamu sendiri secara aman di Instagram.