Chip A15 Bionic Ternyata Lebih Cepat daripada Klaim Apple Sendiri

0
145

GadgetSquad.id – Chip A15 Bionic dari Apple ditemukan 62 persen lebih cepat dari pesaing sesuai tes independen yang mengukur parameter seperti kinerja, efisiensi, dan peningkatan inti grafis. Ini adalah keuntungan 12 persen atas klaim Apple sendiri bahwa A15 menjadi 50 persem lebih cepat. 

Tinjauan yang dilakukan oleh AnandTech mengungkapkan bahwa sementara inti Apple yang lebih besar lebih haus daya, mereka masih jauh lebih hemat energi. Efisiensi energi ditemukan meningkat sebesar 17 persen pada kondisi kinerja puncak dibandingkan A14. 

AnandTech juga mencatat bahwa cache sistem pada A15 telah ditingkatkan menjadi 32 MB, dua kali lipat jika dibandingkan dengan A14. Ini mengerdilkan persaingan dan merupakan faktor kunci dalam efisiensi daya chip, mampu menjaga akses memori pada chip yang sama daripada keluar ke DRAM yang lebih lambat, dan lebih banyak daya yang tidak efisien.

Cache L2 telah mendapatkan peningkatan serupa juga dan sekarang memiliki memori 12 MB—peningkatan yang cukup besar dari 8 MB tahun lalu. AnandTech menggambarkan ini sebagai “humungous” karena ukurannya sekarang sama dengan chip M1 Apple yang digunakan di laptop. Angka 12 MB juga berarti dua kali lebih besar dari memori cache L2 yang ditemukan pada Snapdragon 888. 

Peningkatan cache ini memungkinkan A15 memeras keuntungan yang mengesankan dari mikro arsitektur inti kinerja yang tidak jauh berbeda dari A14 tahun lalu. Ini bergabung dengan ALU integer tambahan dan subsistem memori yang lebih cepat di core efisiensi yang semakin menambah keuntungan. 

GPU yang dibundel dengan A15 juga mencatat peningkatan signifikan dalam kinerja yang sekali lagi jauh di atas klaim Apple. Satu-satunya keluhan tentang itu adalah manajemen termal yang buruk yang menyebabkan pelambatan setidaknya pada iPhone 13 Pro. 

Meskipun demikian, model iPhone 13 masih ditemukan jauh lebih cepat dan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik daripada ponsel pesaing. Kesimpulannya, peningkatan kinerja dan efisiensi substansial dari chip Apple A15 adalah kunci untuk masa pakai baterai yang jauh lebih baik yang terlihat pada seri iPhone 13.