Chip Unggulan Qualcomm Generasi Baru Bakal Hadir dengan Nama Baru

Chipset Prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 850

GadgetSquad.id – Tahun lalu di bulan Desember, Qualcomm mengumumkan chip unggulannya, Snapdragon 888. Penerus chip ini akan diumumkan pada 30 November melalui acara Snapdragon Tech Summit, dan ada spekulasi bahwa penerus Snapdragon 888 dapat disebut sebagai Snapdragon 898.

Namun, minggu lalu terungkap bahwa Qualcomm mungkin menggunakan nama yang sama sekali berbeda untuk model andalan terbarunya. Pembuat chip itu telah mengungkapkan bahwa nama chip Snapdragon seri 8 berikutnya akan memiliki seri dan nomor generasi satu digit, yang berarti Snapdragon 8 Gen1, demikian dilaporkan Gizmochina.

Qualcomm percaya bahwa struktur penamaan baru yang disederhanakan dan konsisten untuk platform selulernya akan memudahkan pelanggannya menemukan dan memilih perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon. Oleh karena itu, perusahaan akan beralih ke skema penamaan baru untuk chipset lain yang sekarang disebut Snapdragon 695, Snapdragon 480+, dan seterusnya.

Kemungkinan chip Qualcomm di bahwa seri 8 yang akan datang dapat disebut sebagai Snapdragon 7 Gen1, Snapdragon 6 Gen1, dan seterusnya. Namun, saat ini, tidak ada konfirmasi resmi tentang hal itu dari Qualcomm. Perusahaan juga akan menggunakan lencana berwarna khusus di logo chipnya.

Lencana itu akan membantu pengguna untuk membedakan chip unggulan dari chipset berdaya rendah. Dan akan menggunakan lencana Emas untuk chip tingkat atas, sedangkan Midnight, Gunmetal, Nickel, dan Red akan digunakan untuk chipset lainnya, di bawah seri 8.

Merek smartphone yang akan menjadi yang pertama memasang chip baru itu di antaranya adalah Xiaomi, Motorola, Lenovo, Oppo, Samsung, dan Huawei. Kemungkinan, Xiaomi 12 dan Motorola Edge X akan menjadi ponsel pertama yang digerakkan oleh chip baru.