Prosesor mediatek

GadgetSquad.id – Setelah chipset andalan dari Qualcomm, Snapdragon 888 memulai debutnya, Chipset MediaTek diharapkan mengikuti langkah Qualcomm dengan merilis chip kelas atas. CEO MediaTek sekarang memberilkan bocoran kerangka waktu, yakni Q1 2021. 

Kepala perusahaan mengonfirmasi dalam sebuah wawancara bahwa MediaTek sedang bekerja keras untuk menghadirkan Chipset  Mediatek terbaru sebelum Tahun Baru Imlek. Sayangnya, tidak ada rincian yang diberikan, demikian dilaporkan GSM Arena.

Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa kemungkinan besar Chipset Mediatek terbarunya akan menggunakan proses manufaktur 6nm TSMC karena fabs 5nm sudah dikemas dengan pesanan dari Apple dan Qualcomm. 

Baca juga : Resmi, realme “Race” Pasti Gunakan Snapdragon 888!!

Ada kemungkinan besar bahwa Chipset Mediatek MT6893 masuk daftar benchmark belakangan ini, yang menunjukkan kinerja single dan multi-core yang kuat. Gizmochina melaporkan chipset MT6893telah mencatat skor 4108 dalam pengujian single-core. Sedangkan pada pengujian multi-core berhasil meraih skor 11204.

System-on-a-Chip (SoC) ini memiliki 1 x Cortex-A78 CPU core ini bekerja pada 3.0GHz, 2 x Cortex-A78 CPU core yang bekerja pada 2.78GHz, dan 4 x Cortex-A55 CPU core bekerja pada 2.0 GHz.

Daftar Geekbench juga menunjukkan bahwa kinerja prosesor Mediatek MT6893 tampaknya lebih baik daripada Dimensity 1000+, chipset MediaTek terkuat saat ini. Chip baru ini juga mendekati kinerja Snapdragon 865 yang dipakai OnePlus 8.