OPPO ColorOS 12 (1)

GadgetSquad.id – Oppo perlahan menghadirkan ColorOS 12 untuk beberapa ponselnya, yang pertama diluncurkan versi betanya untuk Oppo Find X3 Pro di Malaysia dan Indonesia. Dan akan ada empat perangkat baru yang ikut menjalankannya yakni Find X2 pada 20 Desember, Reno 6 Pro Diwali Edition dan Reno 6 Pro standar pada 22 Desember, serta Reno 6 pada 28 Desember.

ColorOS 12 merupakan sistem operasi (OS) mobile kustom Oppo berdasarkan versi terbaru dari OS Android 12, seperti dikutip Gizmochina. Perangkat lunak untuk ponsel itu tentu akan menghadirkan beberapa fitur baru, berikut tiga di antaranya:

Anti-stuttering AI engine

ColorOS 12 akan hadir lebih baru dan segar yang menyediakan lebih banyak ruang berwarna putih. Desain tersebut membuat user interface atau tampilan lebih luas. Oppo juga membekalinya dengan perangkat lunak animasi Quantum Animation Engine terbaru, anti-stuttering AI engine.

Menurut Oppo teknologi tersebut dapat memberikan pengalaman sistem operasi yang mulus. Dan juga memastikan ponsel dapat beroperasi dengan lancar dan hemat daya baterai.

Avatar Omoji

Ponsel yang menjalankan ColosOS 12 akan menghadirkan pengalaman fitur avatar tersebaru bernama Omoji. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membuat avatar tiga dimensi (3D) melalui teknologi algoritma Face Capture. Teknologi itu bisa menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna, sehingga bisa dipersonalisasi dengan lebih nyata, mirip pemiliknya..

Cross-Screen Interconnection

Fitur lainnya ada Cross-Screen Interconnection atau disebut interkoneksi lintas layar. Fitur itu memungkinkan layar ponsel berpindah dan mengoperasikannya melalui laptop. Merek asal Cina itu masih belum menjelaskan detail dari fitur tersebut.

Namun, dalam bocoran gambar yang beredar, saat Cross-Screen Interconnection digunakan, ponsel benar-benar bisa terhubung dengan laptop. Tampilan layar smartphone akan muncul di laptop dan bisa mengoperasikan ponsel langsung dari layar laptop.