GadgetSquad.ID – Nggak mau kalah ngebut dari deru mesin MotoGP yang bertarung di Mandalika International Street Circuit, Lombok – Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022. Telkomsel juga ngebut memanjakan penggunjung yang datang dengan koneksi berkualitas, termasuk layanan 5G.

Nugroho, Direktur Network Telkomsel, mengatakan, saat ajang tersebut diiperkirakan puluhan ribu orang akan memadati area MotoGP 2022 di Mandalika, sehingga berpotensi mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

“Untuk itu, Telkomsel hadir melalui dukungan fasilitas jaringan berteknologi terdepan 4G/LTE yang merata dan setara, untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung dapat tetap nyaman dan lancar berkomunikasi, dan dapat membagikan momen seru ini melalui berbagai platform media sosial.”

“Selain itu, kami turut menggelar jaringan Hyper 5G yang dilengkapi showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit, untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung dengan menampilkan berbagai use case pemanfaatan teknologi berbasis jaringan 5G.”

“Kami berharap upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric dapat semakin mendorong kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” bebernya.

Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit sendiri Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) 4G/LTE.  Selain itu, Telkomsel turut melakukan penambahan dan penguatan kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi.

Terkait gelaran jaringan dan layanan Hyper 5G, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3500 MHz dan millimeter wave 26 GHz (26000 MHz) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama gelaran MotoGP Mandalika.

Pada pengujian di kawasan Mandalika, kombinasi frekuensi 2100 MHz, 2300 MHz, dan 2500 MHz dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps

Sementara itu, Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel menambahkan, pihaknya juga menyediakan booth penjualan di sejumlah titik pada jalur utama, berkolaborasi dengan para mitra outlet di sekitar kawasan Mandalika International Street Circuit, serta membuka booth penjualan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok untuk membantu proses registrasi prabayar sesuai aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah menghadirkan kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist khusus untuk wisatawan mancanegara yang sudah didukung layanan 5G Telkomsel serta paket data dan IDD Call spesial, guna mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas digital selama berkunjung di Indonesia.