‘Dilayani Tokopedia’, Bikin Hemat Ongkir dan Barang Cepat Sampai

GadgetSquad.id – Tokopedia meluncurkan fasillitas yang bisa membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan penjualan. Fasilitas tersebut bernama ‘Dilayani Tokopedia’. Ini merupakan semacam gudang pintar yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dilayani Tokopedia juga membuat masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Dilayani Tokopedia 2 (1)

‘Dilayani Tokopedia’

Dilayani Tokopedia merupakan salah satu wujud inisiatif Tokopedia untuk membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala. 

Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi lewat Dilayani Tokopedia pada kuartal I 2022 adalah Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga. Di kuartal I 2022, pengiriman barang tercepat melalui DilayaniTokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli.

Baca juga : Tokopedia Terbitkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal

Data internal Mei 2022 menunjukkan bahwa transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelum menggunakan DilayaniTokopedia.

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibanding kuartal I 2021,” ungkap Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

Testimoni

Amazara dan Toko Kopi Gayo merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia dan merasakan dampak positif. Amazara, UMKM Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan, telah bergabung di Tokopedia sejak Agustus 2017. Kini Amazara memanfaatkan gudang pintar DilayaniTokopedia di Jakarta dan Surabaya. 

Pemilik usaha Amazara, Uma Hapsari, mengungkapkan, “Jangkauan pengiriman kami sejak menggunakan DilayaniTokopedia meluas ke Papua. Jumlah pesanan di provinsi luar Pulau Jawa pun meningkat secara signifikan, dengan kenaikan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Lampung.”

Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia, Uma mengaku pengelolaan stok lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman, pesanan langsung dikemas dan lebih cepat diterima oleh pembeli, serta memberikan dirinya waktu lebih untuk fokus di pengembangan brand.  

Selain itu ada Toko Kopi Gayo, UMKM Aceh yang menjual kopi specialty dengan harga terjangkau, telah bergabung di Tokopedia sejak Mei 2016. Iwan Aramiko, pemilik Toko Kopi Gayo, mengaku, lokasi produksi dan penyimpanan produk yang ada di pedalaman Aceh menjadi tantangan pelayanan dan logistik. Ia akhirnya memanfaatkan gudang pintar DilayaniTokopedia di Jakarta. 

“Sejak memanfaatkan Dilayani Tokopedia, Toko Kopi Gayo dapat menjaring pasar di Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Tidak hanya ongkos kirim yang semakin terjangkau, produk juga bisa sampai di tangan konsumen lebih cepat dibanding kami kirim langsung dari Aceh,” jelas Iwan. “Bagi Toko Kopi Gayo, Tokopedia berada di urutan pertama dalam kontribusi terhadap omzet,” tutup Iwan.