Dimensity 2000 Diklaim 20 Persen Lebih Hemat Daya daripada Snapdragon 898

GadgetSquad.id – Sebuah laporan baru telah mengungkapkan detail menarik mengenai chip seri MediaTek Dimensity 2000 mendatang. Rupanya, chip tersebut akan tiba dengan peningkatan besar pada efisiensi daya yang memungkinkannya menjadi yang terbaik dari prosesor Qualcomm Snapdragon 898 generasi berikutnya.

Menurut laporan MyDrivers, pembuat chip Taiwan bersiap untuk meluncurkan Dimensity 2000 baru paling cepat akhir tahun ini atau awal 2022. Laporan tersebut menambahkan bahwa chip 5G Dimensity 2000 seri baru juga akan menjadi lebih efisien mengkonsumsi daya yang jauh lebih rendah daripada Snapdragon 898.

Kabarnya, perbedaan antara kedua chip tersebut akan berkisar 20 hingga 25 persen, berpihak pada prosesor MediaTek. Selain efisiensi daya, kinerja chip secara keseluruhan juga akan ditingkatkan, demikian dilaporkan Gizmochina.

Laporan tersebut menyatakan bahwa peningkatan tersebut akan cukup menonjol untuk menjadikan chip Dimensity 2000 baru sebagai pilihan tepat untuk smartphone unggulan yang akan diluncurkan tahun depan. Sesuai laporan terbaru, chipset yang akan datang dengan inti Cortex X2 dan Cortex A79 sementara GPU-nya didasarkan pada arsitektur Mali G79. 

Khususnya, prosesor tersebut dilaporkan akan dibangun di atas proses 4nm dari TSMC, yang memungkinkannya menawarkan efisiensi dan kinerja yang lebih baik. Selain itu, peningkatan teknologi juga akan menawarkan AI canggih, IP multimedia, dan arsitektur terbuka Dimensity 5G yang eksklusif.

Ingatlah bahwa ini masih merupakan laporan yang belum dikonfirmasi, jadi jangan terlalu dierpcaya sampai raksasa chip benar-benar mengumumkannya.