GadgetSquad.IDDemi kelancaran ajang balapan kelas dunia MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022 nanti, berbagai penyempurnaan terus dikebut. Salah satunya akses komunikasi, termasuk koneksi internet.

Bahkan beberapa operator, sudah menyiapkan akses internet super cepat 5G, seperti yang dilakukan XL Axiata.

Salah satu tahap persiapan yang sudah berlangsung adalah, uji coba 5G XL Axiata secara terbatas di lapangan. Hasil uji coba diklaim cukup memuaskan.

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba 5G pada 12 Februari 2022. 

“Pada kesempatan ini, kami telah menguji beberapa aspek teknis, dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa operator satelit untuk melaksanakan pengujian co-existence pada spektrum 3.5GHz di Kawasan sirkuit Mandalika.” 

“Uji co-existence ini dimaksudkan untuk memastikan jaringan 5G yang akan digelar nanti tidak mengganggu sistem operasional satelit yang telah ada di sekitar kawasan. Hasilnya cukup memuaskan sementara ini, dimana tidak ditemukan adanya gangguan di jaringan satelit akibat dari pemanfaatan 5G. Semua hal terkait proses uji coba, termasuk hasilnya, telah kami laporkan kepada Kominfo.” 

Gede melanjutkan, guna menyelenggarakan layanan 5G di Mandalika ini, XL Axiata akan menggunakan spektrum pita frekuensi 3.5GHz dan 26GHz untuk menghadirkan real 5G experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di Sirkuit Mandalika.

Rencananya, akan ada beberapa titik strategis layanan 5G XL Axiata yang bisa diakses secara gratis oleh pelanggan di seputar sirkuit. 

Titik-titik akses ini berada di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP village, tribun penonton, serta lokasi strategis yang jadi lokasi berkumpulnya penonton, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, termasuk satuan kerja event MotoGP. Akses ke layanan 5G ini sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Sementara itu untuk keperluan 5G Showcase atau pameran 5G, XL Axiata akan menghadirkan use case 5G immersive games and experience seperti Motorbike Augmented Reality (AR), 360 Degree Camera Live Broadcasting, dan 5G experience lainnya.