TikTok mengumumkan kolaborasi bersama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk sosialisasi penanganan COVID-19 dan meluncurkan program #LawanCovid19 di TikTok. Program ini bertujuan untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional dan memberikan edukasi yang akurat serta kredibel terkait vaksinasi serta penanganan COVID-19, dengan harapan Indonesia dapat segera pulih.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia, vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau lebih dari 25% dari target vaksinasi sebesar 208,265,720 jiwa, dan sekitar 13% yang menerima vaksin dosis kedua.

“Ragam dan sebaran materi edukasi vaksinasi COVID-19 sangat diperlukan bagi masyarakat. Komunikasi publik penanganan COVID-19 pun perlu dikemas dengan format yang lebih menarik. Melalui kerjasama dengan TikTok, kami berharap diseminasi materi tersebut dapat menjangkau masyarakat lebih luas” ujar Donny B.U, Tim Sekretariat Komunikasi Publik KPCPEN.

Kolaborasi TikTok Indonesia bersama KPCPEN diwujudkan melalui serangkaian kegiatan di platform, dengan program bertajuk #LawanCovid19. TikTok juga mengajak sejumlah kreator dokter dari beragam spesialisasi untuk berbagi informasi dan berbincang dengan pengguna lainnya di program livestream mengenai vaksinasi dan mitos-mitos seputar COVID-19. Selengkapnya mengenai program #LawanCovid19 dapat dilihat di link: https://vt.tiktok.com/ZSJWmuXwj/

Untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, TikTok Indonesia turut memberikan kontribusi dalam bentuk kredit iklan kepada pemerintah melalui KPCPEN. Kredit iklan ini nantinya akan digunakan untuk mensosiasilisasi berbagai program untuk masyarakat seputar vaksinasi, COVID-19, serta pemulihan ekonomi.

“Selama pandemi, TikTok telah membawa inspirasi dan kebahagiaan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, dan membantu masyarakat untuk tetap terhubung serta saling menyemangati di tengah keterbatasan kegiatan fisik. Kini, TikTok ingin mengambil peran dalam mendukung vaksinasi nasional, melalui program #LawanCovid19, dengan memberikan akses ke informasi yang akurat tentang program vaksinasi COVID-19. Dengan bekerjasama dengan pemerintah dan para ahli kesehatan, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi pada kesehatan masyarakat,” kata Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai usaha TikTok dalam mempromosikan kesehatan masyarakat dan mendukung komunitas selama pandemi, silahkan mengunjungi Pusat Keamanan.