GadgetSquad.id – Buat kamu yang doyan belanja atau jualan di TikTok Shop, ada fitur baru yang sepertinya perlu dicoba. Fitur baru tersebut yaitu Shopping Center. Fitur ini dibuat untuk mempermudah pengguna menemukan lebih banyak pilihan produk dan membantu merchant mengelola pesanan dengan lebih baik di dalam TikTok Shop.

TikTok Shop

Fitur Shopping Center di TikTok Shop ini bisa kamu temukan di tab ‘Shop’. Fitur ini dapat membantu pelanggan dan penjual dengan memberikan pengalaman yang lebih baik saat jual beli di TikTok, sambil menikmati konten video.

Pada fitur Shopping Center ini, TikTok memerkenalkan konsep Shoppertainment yang menitikberatkan pentingnya bagi brand dan bisnis untuk menghadirkan unsur hiburan terlebih dahulu (entertainment-first)sebelum mengajak pengguna untuk melakukan kegiatan berbelanja (commerce-second) di TikTok.

Keunggulan Fitur Shopping Center di TikTok Shop 

Di fitur Shopping Center pada TikTok Shop bisa mempersingkat alur belanja konsumen. Mereka bisa langsung mengakses apapun yang berkaitan dengan aktivitas belanja di dalam satu tab. Dalam tab ini, pengguna dapat melihat pesanan, keranjang, history belanja, chat dengan penjual, sampai mengatur alamat dan metode pembayaran.

Baca juga : Mengenal TikTok Now, Cara Baru Sharing Konten

Produk-produk dalam fitur Shopping Center telah dibagi sesuai dengan kategori agar pengguna bisa mendapatkan produk yang mereka cari dengan cepat dan mudah, seperti kategori kecantikan, pakaian wanita, elektronik, makanan, dan banyak lagi.

Di bagian atas halaman juga terdapat informasi flash sale dan hitung mundur waktunya, agar pengguna tidak ketinggalan informasi tentang produk yang sedang diskon.

 

Fungsi Fitur Shopping Center Untuk Penjual

Bagi merchant atau penjual, fitur Shopping Center menyediakan flash sales dan brand snaps dalam momen sale harian dan sale besar. Untuk pengguna baru, di fitur Shopping Center juga ada diskon yang lebih besar untuk pembelian produk favorit mereka.

Pengalaman baru dalam proses jual beli dengan adanya fitur Shopping Center ini sudah dapat dirasakan oleh para pengguna dan merchant di momen belanja 10.10. Dalam kampanye 10.10 tahun ini, GMV secara keseluruhan naik sebesar 148% dengan kontribusi fitur Shopping Center sebesar 17,7%.

 

Pengalaman Pakai Fitur Shopping Center

Salah satu merchant atau brand yang sudah memanfaatkan fitur Shopping Center yaitu realme. Brand smartpohne ini menawarkan harga yang lebih murah di fitur Shopping Center dengan penawaran bundling dengan produk lain seperti powerbank. Dengan penawaran tersebut, realme melihat pertumbuhan yang cukup signifikan dalam GMV-nya sebesar 71%.

“TikTok Shop sangat membantu kami untuk meningkatkan penjualan, di mana kami menghadirkan beberapa produk bundling yang menjadi lebih murah dari biasanya. Kami sangat berterima kasih atas dukungan TikTok Shop khususnya untuk kegiatan penjualan selama kampanye 10.10,” ujarDaffa Iqbal R., realme TTS Marketing Manager.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur Shopping Center, kisah sukses brand, serta bagaimana brand mengembangkan bisnisnya di TikTok dan TikTok Shop, silakan kunjungi https://seller-id.tiktok.com/.