Gaskeun, Ratakan Koneksi Internet Telkomsel Bangun 7.772 BTS 4G di Daerah 3T

0
19

GadgetSquad.ID – Walau sudah menyelenggarakan layanan 5G, Telkomsel tak melupakan teknologi 4G. Bahkan, Telkomsel terus mengembangkan penyebaran ekosistem 4G di Indonesia.

Teranyar, Telkomsel berkomitmen akan membangun 7.772 BTS USO berteknologi 4G di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) Indonesia. Dalam penggelaran BTS 4G USO ini, Telkomsel bekerja sama dengan BAKTI Kemkominfo.

Ada pun tujuan penggelaran 7.772 BTS USO 4G tersebut, untuk meratakan akses internet di desa dan wilayah 3T yang selama ini belum mendapatkan akses komunikasi broadband.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, pihaknya mengapresiasi keputusan Kemkominfo yang memberi kepercayaan pada Telkomsel untuk melanjutkan pemerataan akses broadband di daerah 3T.

“Telkomsel akan terus memeratakan akses jaringan broadband di Indonesia, untuk memastikan semua masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah 3T mendapat kesempatan terhubung dan memaksimalkan aktivitas digital yang dibutuhkan,” kata Hendri dalam keterangannya.

Perlu diketahui, sebelumnya Kemkominfo melalui BAKTI menetapkan Telkomsel sebagai Mitra Kerja Sama Operasional (KSO) dalam program penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T.

Telkomsel terpilih untuk menggarap jaringan broadband di Area Paket Kerja Sama 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

Ke depannya, Telkomsel dan BAKTI menargetkan dapat membangun 7.772 BTS USO 4G yang berlokasi di area 2 (Nusa Tenggara), 3 (Kalimantan), 4 (Sulawesi), 5 (Maluku), 6 (Papua Barat), 7 (Papua Tengah Barat), 8 (Papua Tengah Utara), dan 9 (Papua Timur Selatan).

Perlu dicatat, hingga semester 2 2021, Telkomsel dan BAKTI telah menggelar 1.158 BTS USO yang terhubung ke 4G LTE. Telkomsel dan BAKTI sendiri, menargetkan penggelaran 7.772 BTS USO 4G ini akan selesai seluruhnya pada Desember 2022.