GadgetSquad.ID – Perkembangan dunia yang sudah semakin digital, suka tidak suka membuat para pelaku bisnis, tidak terkecuali di dunia perbankan, melakukan berbagai inovasi untuk bisa terus eksis mengikuti perkembangan zaman.

Situasi di atas disadari betul oleh Bank Central Asia Tbk (BCA). Nah, dalam upayanya menciptakan inovasi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, BCA
menggelar ajang Financial Hackaton (Finhacks).

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menjelaskan BCA Finhacks 2019 merupakan sebuah kompetisi bagi para developer TI, blockchain enthusiasts, startup, pelajar dan professional untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berinovasi dalam menciptakan solusi inovatif di bidang finansial.

BCA Finhacks kali ini mengangkat tema teknologi blockchain, sebagai tajuk utama kompetisi bagi penggiat teknologi informasi di Indonesia.

Melalui tema tahun ini tentang teknologi blockchain, kami ingin melihat bagaimana blockchain dapat memberikan added value dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan solusi perbankan dan finansial kepada masyarakat luas, khususnya dalam hal peningkatan efisiensi, penghematan biaya dan pengurangan risiko,” urai Jahja.

Jahja menambahkan, pilihan tema Finhacks 2019 terkait blockchain ini didasarkan pada keunggulan teknologi ini yang tidak hanya memberikan nilai tambah dari sisi teknis seperti keamanan, transparansi, dan desentralisasi tetapi juga memberikan nilai tambah dari sisi proses dan interaksi bisnis.

Rangkaian kegiatan BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation telah dimulai sejak Agustus 2019. Setiap peserta individu atau anggota dari peserta tim yang terdaftar wajib mengunggah ide inovasinya sesuai dengan kategori yang dipilih.

Kemudian, peserta yang lolos akan maju ke babak Prototype Development. Di tahap ini, peserta mendapat bimbingan dari mentor blockchain melalui sesi one-on-one mentoring via webinar atau video conference yang nantinya menghasilkan prototype aplikasi blockchain.

Dari 700an peserta yang mendaftar terpilih 30 tim terbaik untuk maju ke babak Protoype Development. Berdasarkan protoype terbaik terpilih menjadi 15 finalis.

Ke 15 finalis masing-masing terdiri dari 5 finalis dari kategori Interbank Settlements And Payments, 5 finalis dari kategori Identity Management, dan 5 finalis kategori Financial Inclusion

Lalu berapa hadiah yang bisa didapat pemenang?

Para finalis BCA Finhacks 2019, akan bertarung memperebutkan total hadiah Rp 250 juta. Ini menjadikan BCA Finhacks 2019 #blockchainnovation sebagai kompetisi teknologi berbasis blockchain terbesar di Indonesia.