Huawei Luncurkan Sistem Operasi Terdistribusi Terbaru HarmonyOS

GadgetSquad.id – Huawei resmi memberikan konfirmasi bahwa beberapa ponsel yang menjalankan EMUI 11 akan dapat menginstal HarmonyOS 2.0. Sebuah poster di Weibo mengklaim bahwa ponsel dengan Kirin 9000 akan mendapatkannya terlebih dahulu, yang mana itu kemungkinan akan menjadi seri Mate 40, kemudian disusul ponsel Kirin 990 5G, beberapa model P40 dan Mate 30 dan begitu seterusnya.

GSM Arena, Senin, 5 Oktober 2020 melaporkan, bahkan ponsel lama yang ditenagai Kirin 710 dan 810 juga akan dapat bergabung mendapatkan sistem operasi tersebut, setelah menunggu cukup lama. Catatannya adalah itu artinya hanya beberapa model yang akan diperbarui, meskipun kriterianya belum jelas.

Versi baru dari sistem operasi internal itu saat ini dikabarkan sedang diluncurkan oleh pengembang secara bertahap, versi beta pertama untuk ponsel diharapkan pada bulan Desember ini. Dirilisnya sistem operasi Huawei ini merupakan dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina, yang berbuntut pada dilarangnya Huawei menggunakan layanan Google.

Perang dagang juga telah menghambat kemampuan Huawei untuk meluncurkan smartphone flagships barunya, Mate 40 yang seharusnya sudah keluar, meskipun pasokan chipset yang terbatas dan tidak ada Play Store untuk pasar Barat, tapi perusahaan yang memimpin pasar tersebut itu memaksa untuk menunda peluncurannya.

Huawei seri Mate diharapkan diluncurkan pada pertengahan Oktober di pasar Cina, yang kemungkinan sudah dibekali HarmonyOS, sementara ketersediaan global kemungkinan tidak akan datang hingga 2021. Selain itu, kabarnya akan ada tablet (dan kemungkinan dapat lipat) dengan chip Kirin 9000 juga HarmonyOS, yang dimaksudkan agar kompatibel dengan apa saja seperti jam tangan pintar, ponsel, tablet, TV, dan lainnya.