Hati-hati! Posting Challenge di IG Story Bisa Berujung Penipuan

GadgetSquad.id – Belakangan banyak muncul postingan IG Story yang menampilkan foto atau video yang merupakan jawaban atas suatu challenge tertentu. Misalnya challenge “Share yang ada di depan mata kamu sekarang” maka banyak memposting foto atau video IG Story yang menampilkan apa yang sedang dilihat di depannya saat ini. Misalnya sedang berada di kamar, maka memposting foto kondisi kamar yang sedang dilihatnya saat ini.

callenger IG Story (1) (1)

Masih banyak challenge atau tantangan di IG Story lainnya. Salah satunya challenge untuk menampilkan “Variasi panggilan nama kamu”, yang mengharuskan kamu untuk menampilkan foto/video kamu yang disertai berbagai nama lain atau nama panggilan kamu yang bukan nama asli. Misalnya nama asli ‘Rido Prastowo’ dan selama ini banyak teman, saudara atau keluarga memanggil dengan nama panggilan lain, misalnya ‘Adoy’, ‘Wowo’ ‘ Dodo’.

Baca juga : 8 Langkah Beristirahat Sejenak Dari Media Sosial

Ternyata challenge postingan di IG Story ini dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Dan hal ini sudah terjadi. Seperti yang sedang ramai di media social Twitter, sebuah akun @ditamoechtar_ memposting sebuah twit yang menceritakan bahwa ada temannya yang kena tipu akibat mengikuti challenge “Variasi panggilan nama kamu di IG Story”.

callenge IG Story (2) (1)

Jadi si penipu menelpon temannya tersebut dengan memanggil menggunakan nama panggilan kecilnya. Si penipu mengetahui nama kecilnya mellihat dari challenge di iG Story. Merasa percaya karena yang menelpon memanggil dengan nama kecil dan hanya orang dekat yang tau, maka akhirnya berhasil tertipu untuk melakukan transfer sejumlah uang.

So..tetap berhati-hati dalam melakukan posting apapun di media social. Jangan hanya demi konten dan ikut-ikutan tren, secara tidak sadar ternyata sudah mempublikasikan data pribadi yang ternyata penting. Dan data pribadi tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggunjawab.

Hati-hati dalam bersosmed, jangan sampai belakangan jadi kaget!