GadgetSquad.id –HP Inc. mengumumkan hasil dari HP Anti-Counterfeiting and Fraud Program (ACF). Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tingginya jumlah produk-produk palsu di Asia Tenggara. Selain itu, program ini juga untuk memerangi produksi dan distribusi tinta dan toner palsu untuk pasokan printer dalam proses pencetakan. Produk-produk palsu senilai US$7,177 juta di Asia Tenggara berhasil diamankan dalam 15 bulan terakhir.

Hp

Dalam skala global, penjualan produk-produk palsu mencapai US$1,2 triliun pada 2017 dan diperkirakan meningkat sampai US$1,82 triliun pada 2020. 

Dengan melibatkan otoritas penegak hukum lokal, HP sudah melakukan lebih dari 17 penggrebekan dan lima penangkapan di beberapa kawasan di Asia Tenggara. Dalam aksi penggrebekan tersebut, beberapa jenis barang berhasil diamankan seperti kartrid, baik yang sudah jadi maupun yang belum dirakit, barang-barang kemasan dan berbagai jenis label.

Keberadaan produk-produk palsu untuk pencetakan ini merupakan ancaman serius bagi konsumen dan para pebisnis. Penggunaan produk-produk palsu sering kali menyebabkan kerusakan atau malfungsi printer yang tidak diliputi garansi. Bahkan, hal tersebut dapat menyebabkan penurunan pendapatan dan performa sebuah perusahaan.

HP secara rutin melakukan pemeriksaan dan penggrebekan untuk mengurangi produk-produk palsu dalam rantai pasokan serta melindungi pelanggan dan para pebisnis yang bekerja menggunakan produk-produk HP. Kegiatan ini secara tidak langsung akan mengurangi kemungkinan para pelanggan dan mitra membeli tinta dan toner palsu secara tidak sengaja serta menghambat masuknya produk-produk palsu tersebut beredar di pasaran.

Selain penegakan hukum dan aksi penggrebekan, para pebisnis skala besar dan menengah yang merupakan pelanggan HP bisa menghubungi Customer Delivery Inspection (CDI)—suatu layanan perlindungan unik dari HP—jika mereka mencurigai ada produk palsu dalam kemasan produk HP yang mereka beli. HP juga secara proaktif melindungi mitra distribusi dan pelanggan dari produk-produk palsu untuk pencetakan melalui Channel Partner Protection Audits (CPAA)—sebuah proses audit bagi mitra-mitra HP.

Mitra-mitra yang lulus dan memperoleh sertifikat CPAA dapat menyampaikan hal ini kepada para pelanggan. Hasil audit ini akan memberikan jaminan bagi mitra maupun pelanggan bahwa tinta dan toner untuk printer yang mereka beli adalah 100 persen asli.

Melalui Program ACF ini, HP berusaha untuk melindungi para pebisnis dari masalah-masalah yang diakibatkan oleh produk-produk palsu. Beberapa panduan sederhana yang dapat diikuti perusahaan-perusahaan untuk memastikan bahwa pembelian produk-produk HP adalah Asli. Panduannya sebagai berikut:

–              Berhati-hatilah dengan metode penjualan yang meragukan seperti penjualan besar-besaran di situs lelang online dan penurunan harga secara dramatis

–              Belilah hanya dari mitra penjualan resmi HP untuk menghindari korban penipuan

–              Meminta produk HP Asli secara terang-terangan saat membeli atau mengajukan penawaran.