GadgetSquad.id – HP Inc. mendonasikan printer HP Neverstop laser 1000a dan 1000w dengan total  mencapai 1.162 unit untuk sekolah-sekolah serta yayasan di beberapa kota besar seperti Jakarta,  Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Ini merupakan bagian komitmennya untuk mendukun dunia  pendidikan di Indonesia. 

HP Sumbang Seribu Printer Untuk Belajar Jarak Jauh

Program bertajuk EduXtion (dibaca Education: Education x Action) ini bermitra dengan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Project Child, Prestasi Junior  Indonesia, ISCO Foundation, YCAB Foundation, Ikatan Abang None Jakarta Utara (ANTARA) dan Tribunnews. Inisiatif  ini bertujuan untuk membantu generasi muda di Indonesia mendapatkan akses fasilitas belajar dengan  menyumbangkan perangkat printer. Program ini juga merupakan bagian dari target global HP untuk  mendukung hasil pembelajaran yang lebih baik bagi 100 juta orang pada tahun 2025 melalui kurikulum  pendidikan global, donasi peralatan, dan teknologi pembelajaran sesuai kebutuhan. 

Di masa penutupan sekolah dan  pembelajaran jarak jauh saat ini memperlebar ketidaksetaraan dalam pendidikan, mencetak materi dan  mendistribusikannya kepada siswa dan keluarga yang membutuhkannya menjadi cara penting untuk  membantu menjembatani kesenjangan digital dan membawa lebih banyak kesetaraan pada sistem  pendidikan nasional.

Materi cetak selalu menjadi elemen penting dalam proses pendidikan, dan  menurut HP New Asian Learning Experience (NALE) Study1, perpaduan pembelajaran cetak dan digital  memiliki dampak positif terhadap pembelajaran anak, terutama dalam mata pelajaran seperti  matematika, bahasa, dan seni. 

Baca juga : HP Lakukan Program Anti-Pemalsuan dan Penipuan

Peluncuran inisiatif EduXtion pada 11 Februari 2021 diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim, serta dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Wikan Sakarinto, dengan upacara serah terima  printer simbolis antara Fiona Lee, President Director, HP Inc. Indonesia dan CEO Tribun Network, Dahlan  Dahi.

“Kami percaya sekarang adalah saat yang tepat untuk meluncurkan inisiatif ini. Printer HP Neverstop Laser dapat memungkinkan pelajar dan pendidik  untuk mencetak materi pembelajaran dalam memajukan pendidikan mereka, walau menghadapi banyak tantangan.” kata Fiona  Lee, President Director, HP Inc. Indonesia

Sementara itu Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Indonesia mengatakan “Sekolah di Indonesia perlu menyediakan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar agar  efektif, efisien dan menyenangkan bagi siswa.”

Memahami posisinya yang unik untuk mendukung teknologi digital dan cetak, HP Indonesia juga  mengundang pelajar, pendidik, serta orang tua untuk memanfaatkan teknologi dan ekosistem yang  telah disediakan. Guru dan siswa dapat mengunjungi HP Print, Play, and Learn, sebuah program daring  yang menyediakan konten pembelajaran bagi anak-anak berusia 2 hingga 12 tahun. Program ini  bertujuan untuk membantu orang tua menjadikan kegiatan belajar di rumah menyenangkan dengan  melengkapi pengalaman belajar anak mereka, sehingga waktu bermain pun lebih menarik. 

Sebagai sebuah perusahaan yang digerakkan oleh tujuan berkelanjutan di kancah global, HP Inc.  menyumbangkan keterampilan, teknologi, kemitraan, dan investasi untuk memperkuat ketahanan dan  vitalitas komunitas lokal, serta mendukung mereka meraih peluang ekonomi dan sosial yang lebih  besar melalui teknologi. Karena itulah, tahun lalu HP mendirikan 6 Tech Hubs di komunitas kurang  mampu di area Jawa dan Bali, serta memberikan pelatihan teknologi dan kewirausahaan untuk siswa  berusia 13 tahun ke atas guna meningkatkan keterampilan generasi masa depan Indonesia.