GadgetSquad.id – Sistem operasi (OS) garapan Huawei HarmonyOS sekarang berjalan di lebih dari 120 juta perangkat, menurut COO Huawei, He Gang. Adopsi OS dilaporkan melebihi harapan Huawei dan sekarang menaikkan targetnya dari 300 juta menjadi 400 juta pada akhir 2022. 

HarmonyOS akan menargetkan banyak perangkat Huawei dan Honor yang lebih tua. Di Cina, HarmonyOS 2.0 tampaknya cukup sukses karena dilaporkan sudah melewati 10 juta pengguna alias perangkat aktif yang menggunakannya pada Juni lalu. Sebelumnya, HarmonyOS diumumkan pada Agustus 2019 lalu.

Saat itu, raksasa teknologi itu merayakan capaian dengan kue yang didesain unik. Dalam gambar yang tersebar, kue berbentuk bulat berwarna biru dengan ornamen bintang emas. Ada juga hiasan berbentuk produk-produk Huawei, mulai dari smartphone, smartwatch, TV, hingga earbuds.

HarmonyOS yang memiliki nama kode HongMeng merupakan platform yang dirancang untuk berbagai perangkat yang ada pada kue Huawei itu. Huawei mengklaim bahwa dengan munculnya perangkat Internet of Things (IoT), maka sistem operasi sangat diperlukan.

Pembaruan untuk HarmonyOS 2.0 sekarang tersedia untuk smartphone seri Mate 40, P40, Mate 30, dan MatePad Pro di Cina. Sedangkan seri P30, Honor 30 dan V30 akan mendapatkan versi beta tertutup bulan ini dan beta publik pada Juli. 

Sementara itu, beta internal HarmonyOS 2 sekarang tersedia untuk 10 perangkat baru yakni Huawei P10, P10 Plus, Mate 9, Mate 9 Pro, Mate 9 Porsche Design, nova 3, Enjoy 9 Plus, Tablet M5 10,8 inci, M5 Pro 10,8 inci dan M5 8,4 inci. 

Seperti kebanyakan pembaruan, Huawei memiliki beberapa peringatan.  ang utama di antara mereka adalah bahwa beberapa aplikasi tidak akan berfungsi dengan baik di bawah HarmonyOS. Perangkat yang terdaftar dalam versi beta harus memeriksa firmware baru dengan mengunjungi, Pengaturan, lalu Sistem, dan pilih Pembaruan Perangkat Lunak.