GadgetSquad.id – Huawei, pabrikan smartphone Cina siap untuk kembali ke kategori premium atau flagship dengan meluncurkan smartphone seri Huawei Mate 50. Sekarang, dilaporkan bahwa ponsel dalam jajaran ini akan diluncurkan pada kuartal pertama 2022, tapi tidak ada garis waktu spesifik yang diungkapkan oleh perusahaan.

Jika laporan sebelumnya dapat dipercaya, maka peluncuran kemungkinan akan terjadi pada Maret 2022. Sebelumnya, ponsel seri Huawei Mate 50 seharusnya diluncurkan sekitar tahun ini, tapi mengingat bahwa jajaran P50 diluncurkan pada Juli tahun ini, jauh lebih lambat dari jadwal biasanya Maret, peluncuran ponsel seri Mate generasi berikutnya kemudian ditunda. 

Smartphone dalam jajaran ini diharapkan akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 898. Tidak seperti prosesor ini yang memberi daya pada smartphone lain, itu akan berbeda dalam seri Mate 50 karena alih-alih memiliki dukungan 5G, chipset hanya akan mendukung konektivitas 4G, demikian dilaporkan Gizmochina.

Selain itu, chipset Qualcomm Snapdragon 898 akan diproduksi Samsung menggunakan proses 4nm dan desain arsitektur tiga cluster. Prosesor andalan tersebut rencananya akan resmi diluncurkan bulan depan, yakni Desember 2021. 

Ponsel ini diharapkan dilengkapi dengan layar LTPO—teknologi yang sama pada seri Apple iPhone 13 Pro. Ini bisa berarti bahwa ponsel akan memiliki dukungan refresh rate adaptif, dengan dukungan untuk refresh rate tinggi 120Hz. 

Itu juga bisa datang dengan dukungan untuk konektivitas satelit ketika jaringan seluler tidak tersedia. Konektivitas satelit akan digunakan untuk berkomunikasi melalui layanan pesan singkat (SMS) dalam situasi di mana jaringan seluler tidak menjadi pilihan. Untuk ini, perusahaan dilaporkan telah memilih  Sistem Satelit Beidou.