GadgetSquad.id – Huawei Technologies mungkin sedang mengerjakan smartphone seri Mate X baru. Sebuah paten baru telah mengisyaratkan kemungkinan smartphone Mate X Rollable, yang menampilkan layar rollable yang dapat ditarik keluar dan diperpanjang. 

Menurut laporan LetsGoDigital, raksasa teknologi Cina itu mengajukan paten ke WIPO (World Intellectual Property Office) awal tahun ini. Paten tersebut menggambarkan ponsel dengan layar bergulir yang dilengkapi mekanisme magnetik yang membantu meratakan panel saat ditarik keluar.

Dengan kata lain, sistem magnetik ini akan mencegah tampilan diperpanjang dari melipat atau menekuk begitu keluar dari bingkai. Khususnya, tampilan perangkat juga membungkus smartphone. 

Bentuk layar yang ditarik keluar dipertahankan melalui penggunaan dua magnet yang ditempatkan secara strategis. Ini bahkan mencegah kusut pada perangkat juga. Lebih lanjut, paten tersebut mengungkapkan bahwa Mate X Rollable menampilkan layar POLED (plastic organic light emitting diode) dengan lapisan dasar plastik.

Menariknya, paten tersebut menjelaskan perangkat dan strukturnya secara rinci dan mengungkapkan bahwa ponsel yang dapat digulung memiliki tiga mode. Satu dalam mode biasa dengan tampilan melingkar dan mencapai bagian belakang perangkat, sedangkan yang kedua sedikit ditarik keluar. Mode terakhir adalah di mana ia sepenuhnya diperpanjang. 

Dalam bentuknya yang ringkas, ponsel yang dipatenkan ini menyerupai Ponsel Konsep Xiaomi Mi MIX Alpha. Sementara perangkat memiliki layar 6,5 inci dalam bentuk ini, panel depan dapat tumbuh 70 persen dalam bentuk yang ditarik mencapai ukuran 11 inci. Perlu diingat bahwa ini masih paten dan belum dikonfirmasi apakah perusahaan benar-benar mengerjakan smartphone yang dapat digulung atau tidak.