Huawei Rilis Harmony OS Versi Beta Untuk Ponsel Pertama Pada 18 Desember

Huawei Luncurkan Sistem Operasi Terdistribusi Terbaru HarmonyOS

GadgetSquad – Huawei tahu jalur masa depan ke Google Service mungkin tidak ada bahkan dengan Presiden Amerika Serikat yang baru, jadi perusahaan akan terus maju dengan OS Harmony atau HongMeng-nya sendiri. Menurut Wang Chenglu, presiden departemen perangkat lunak di Huawei Consumer Business Group, platform sumber terbuka akan tersedia untuk pengembang sekitar 18 Desember 2020.

Selain itu, GSM Arena, 9 November 2020 melaporkan bahwa unit demo smartphone pertama akan menjalankan OS pada Januari atau Februari 2021. “Semua karyawan di Huawei sedang bekerja untuk membangun ekosistem baru di sekitar ide Harmony dan sejauh ini semuanya berjalan sesuai rencana,” kata Chenglu.

Sebelumnya, laporan awal pada kuartal pertama 2021, beta publik akan diluncurkan sekitar April 2021. Dan salah satu bos Huawei itu juga mengatakan sekitar 90 persen dari smartphone perusahaan harus siap untuk pembaruan, begitu ada pembaruan bisa dilakukan.

Karena kemungkinan kecil Amerika Serikat akan melunakkan pendiriannya dan mengizinkan Google untuk bekerja sama dengan Huawei, tapi kenyataannya adalah saat ini sedang menuju perubahan besar dalam dunia ponsel cerdas di mana dapat melihat tiga pemain besar di bidang OS seperti masa lalu 2012-2015.

Sebelumnya Chenglu dalam sebuah wawancara, masa depan EMUI 11 dan HongMeng OS dipertanyakan. “EMUI 11 menggunakan kerangka kerja yang sama dengan HongMeng, system scheduler dan perubahan lainnya,” kata Chenglu menjawab pertanyaan itu, seperti dikutip GSM Arena, Rabu, 28 Oktober 2020.

Artinya, versi terbaru EMUI berbasis Android 11 sudah merupakan transisi untuk mempersiapkan perangkat lunak baru agar konsumen mengadopsinya sebelum HongMeng OS dirilis. HongMeng OS 2.0 beta akan pertama kali hadir di TV, mobil, jam tangan, sedangkan perangkat seluler yang diluncurkan dengan EMUI 11 akan menjadi yang pertama menerima HongMeng OS 2.0 OTA.