GadgetSquad.ID – Bertempat di Paris, Prancis, Huawei secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, yakni seri P20 dan P20 Pro. Richard Yu, CEO Huawei Technologies Consumer Business Group, turun langsung untuk memperkenalkan satu persatu fitur dari kedua ponsel jagoan tersebut.

Sesuai dengan tagar yang diusungnya, yaitu #SEEMORE, Huawei sangat mengedepankan kemampuan dari kamera dari smartphone teranyarnya ini. Secara detail, Untuk P20, Huawei menanamkan tiga kamera dengan sepasang berada di bagian belakang dengan kualitas 12 MP (RGB) dan 20 MP (monokrom). Satu kamera tersisa ditempatkan di depan dengan kualitas 24 MP.

Sedangkan bagi P20 Pro, Huawei menyematkan empat buah kamera sekaligus. Di bagian belakang, berjejer trio kamera yang masing-masing memiliki kualitas 40 MP (RGB), 20 MP (monokrom), serta 8 MP (telefoto). Untuk bagian depan, P20 Pro juga mengusung kamera tunggal 24 MP.

Kamera yang dimiliki oleh P20 dan P20 Pro tidak hanya besar dalam hal kuantitas. Huawei pun menjamin kualitasnya dengan menggandeng Leica, perusahaan manufaktur kamera asal Jerman, untuk urusan fotografi kedua ponsel tersebut.

Bahkan dalam presentasinya, Huawei tidak hanya membandingkan kualitas kamera P20 dan P20 Pro dengan hp lain dikelasnya, tapi juga produk kamera DSLR milik vendor kamera. Huawei mengklaim, hasil foto P20 dan P20 Pro sudah sebanding dengan bidikan kamera DSLR. Serta dan lebih bagus dipada hasil foto iPhone X maupun Samsung Galaxy S9.

Selain kamera, kedua smartphone flagship teranyar Huawei ini juga mengedepankan artificial intelligence, augmented reality, serta machine learning. Untuk sektor yang satu ini, perusahaan asal China ini memercayakannya pada Google.

Deretan teknologi tersebut akan melengkapi P20 dan P20 Pro yang ditanami chipset Kirin 970 octacore, serta sudah bisa mencicipi Android Oreo 8.1.

Meski keduanya merupakan lini flagship, namun Huawei tetap memberikan diferensiasi bagi P20 dan P20 Pro. Untuk P20, baterai yang digunakan berkapasitas 3.400 mAh, sedangkan ‘saudaranya’ kedapatan 4.000 mAh. Selain itu, dari sisi bodi, P20 memiliki layar 5,8 inch, sedangkan P20 Pro sedikit lebih besar, yaitu 6,1 inch.

Meski keduanya sama-sama mendapat jatah memori internal sebanyak 128 GB, namun P20 hanya memiliki RAM 4 GB, sedangkan P20 Pro mempunyai RAM 6 GB. P20 dilepas dengan harga 649 euro atau sekitar Rp 11 juta.

Untuk P20 Pro, Huawei mengganjarnya dengan mahar 899 euro atau sekitar Rp 15 juta, dengan 6 April mendatang menjadi tanggal dilepasnya ponsel ini ke pasaran. Dari Bocoran yang sempat terima, untuk pasar Indonesia Huawei hanya akan memboyong seri P20 Pro.