Mau Bikin Komunitas? Pakai Aja JOOX Rooms ! Ini Tipsnya

Memiliki pelanggan setia adalah impian semua brand. Untuk mewujudkan hal tersebut membangun komunitas adalah salah satu solusi yang dipercaya dapat meningkatkan nilai produk, memberikan inspirasi untuk berinovasi, serta mendukung pertumbuhan perusahaan. Namun, pemberian diskon dan hadiah saja tidak cukup untuk membangun komunitas setia. Lebih dari itu, brand perlu memberikan nilai tambah dan dukungan untuk setiap anggota komunitasnya. Lalu, bagaimana cara membangun dan kemudian menjaga hubungan yang kuat dengan komunitas?

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), mobile game MOBA populer buatan Moonton adalah salah satu brand yang memiliki komunitas online game terbesar di Indonesia dengan 300 pemimpin komunitas (Community Hero) yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu cara mereka untuk memperkuat hubungan baik dengan komunitasnya adalah dengan menyelenggarakan turnamen dan berbagai kegiatan lain yang mempertemukan para anggota komunitasnya secara langsung dan tatap muka. Namun, begitu ada pembatasan sosial, mereka mencari cara lain untuk tetap melakukan kegiatan yang melibatkan para anggota komunitas MLBB secara virtual.

MLBB Community Specialist, Iman Nurseha berbagi pengalaman dan tips di bawah untuk tetap menjaga hubungan baik dengan komunitas kapan pun dan di mana pun dengan memanfaatkan fitur interaktif terbaru JOOX Rooms, ruang virtual yang memungkinkan diselenggarakannya pertemuan dan interaksi seru menggunakan audio maupun video.

  1. Menyediakan Akses dan Kesempatan untuk Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung antara brand dengan pelanggan yang dilakukan secara terus menerus dapat membangun hubungan yang efektif dengan pelanggan, dan meningkatkan kesetiaan mereka. Melalui fitur JOOX Rooms yang dapat diakses kapan pun, siapa pun bisa membuka Room untuk mengajak teman-temannya berkumpul secara virtual, membicarakan berbagai hal menarik, sambil memutar dan mendengarkan lagu kesukaan mereka. Room yang dibuat juga dapat diatur menjadi mode publik yang dapat diakses siapa pun atau privasi.

“Pertemuan virtual di JOOX Rooms selama tiga bulan terakhir telah menjadi salah satu kegiatan populer bersama komunitas MLBB. Melalui JOOX Rooms, anggota komunitas Kami dapat saling bertemu dan ngobrol, bahkan berbagi informasi tentang MLBB kepada pengguna JOOX yang belum memainkan MLBB. Sejak dimulai pada November 2021, respons dari anggota komunitas dan peserta Rooms MLBB sangat baik,” jelas Iman.

  1. Ciptakan Suasana Menyenangkan Selama Pertemuan Virtual

Agar para anggota komunitas tertarik untuk mengikuti pertemuan virtual dan bahkan bisa menarik anggota baru dari komunitas pengguna JOOX, pembuat Room dapat memanfaatkan berbagai fitur gratis yang ada di Rooms untuk membuat pertemuan virtual menjadi lebih menarik, salah satunya adalah karaoke bareng dengan membuat Rooms dengan mode Karaoke atau sekadar mendengarkan lagu-lagu favorit para gamers, seperti lagu-lagu yang dibuat MLBB, salah satunya lagu terbaru “We Better Than Me”.

Selain berbagi hadiah menarik kepada para peserta Room, “Host” atau pembuat Room juga bisa menerima Coin JOOX dari “Gift” yang diberikan para peserta Room sebagai bentuk apresiasi. Coin JOOX tersebut dapat ditukar dengan akses VIP JOOX, kesempatan voting idola atau lagu terbaik, atau voucher belanja dan game item yang ada di halaman “Task & Rewards” di JOOX.  “Berbagai fitur interaktif yang dapat diakses secara gratis di JOOX Rooms memudahkan pengguna dan brand untuk membuat kegiatan menyenangkan yang dapat menarik target audiens mereka untuk berinteraksi langsung,” ujar Head of Marketing JOOX, Yuanita Agata.

  1. Selalu Terhubung dan Berkembang Bersama

Keuntungan tambahan dan dukungan yang diberikan brand kepada anggota komunitasnya adalah hal yang dapat membangun kesetiaan. MLBB percaya bahwa bermain MLBB lebih dari bermain game, namun dapat melatih kerja sama, kemampuan membaca situasi dan memecahkan masalah, serta kepemimpinan. 

“Kami senang mengenalkan komunitas MLBB kepada siapa pun dan memberi tahu manfaat serta keseruan yang mereka bisa dapat dari bermain MLBB. Topik utama setiap kita membuat JOOX Rooms adalah mendiskusikan MLBB dari perspektif para pemimpin komunitas MLBB, seperti bagaimana memenangkan permainan hingga berbagai tutorial. Selain itu, dengan melakukan pertemuan reguler di JOOX Rooms, kami memberikan kesempatan kepada para anggota komunitas MLBB untuk menunjukkan dan melatih kemampuan lain selain bermain game, yaitu public speaking. Kami berkomitmen untuk terus membangun dan mendukung komunitas MLBB di Indonesia, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan bakatnya, selain bermain game,” tambah Iman. 

Siapa pun dapat bergabung dengan Komunitas MLBB di JOOX Rooms yang akan diselenggarakan mulai 11 April hingga 11 Mei 2022, setiap ngabuburit pukul 16:00 atau setelah Sholat Tarawih pukul 21:00 WIB. Lagu bertajuk “We Better Than Me” yang dibawakan oleh 515 M-World Squad Heroes, grup virtual dari Land of Dawn yang beranggotakan 3 Hero Ikonik MLBB yaitu Wanwan, Ling, dan Yin, juga sudah bisa didengarkan di JOOX.