Acer memperkenalkan 4 Solusi iOT (Internet Of Things) untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan smart city pada 2020 dengan melakukan transformasi digital, sekaligus mempersiapkan pelaku bisnis mengimplementasikan Industry 4.0.

Ini 4 Solusi IOT Ala Acer Untuk Wujudkan Smart City 2020 (1)

Baca juga: Acer Bantu Perusahaan Menangkan Kompetisi Melalui Pengelolaan Big Data

Rangkaian solusi dengan kemampuan teknologi IoT yang ditawarkan oleh Acer, membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat. Solusi ini juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, membuat kota semakin efektif dan efisien serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

Solusi tersebut adalah Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture yang menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integrasi jaringan untuk memberikan informasi real-time dan keputusan sesuai dengan kebutuhan organisasi di Indonesia.

Seluruh solusi yang diperkenalkan menunjukkan kesiapan Acer dalam membantu perusahaan dan pemerintah mewujudkan smart city pada 2020 dengan melakukan transformasi digital, sekaligus mempersiapkan pelaku bisnis mengimplementasikan Industry 4.0. Solusi tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, membuat kota semakin efektif dan efisien serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

“Ini tentu sejalan dengan misi pemerintah untuk membangun Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia. Kolaborasi antara swasta, pemerintah dan penyedia solusi, merupakan tiga hal penting dalam komponen smart city, dan kami, di Acer, sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk bersama-sama membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city.” Ujar Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia.

Ini 4 Solusi IOT Ala Acer Untuk Wujudkan Smart City 2020 (1)

Baca juga: 4 Laptop Acer Gaming Terbaru Siap ‘Bertanding’ di Indonesia, Ini Harga dan Keunggulannya!

Smart Water

Solusi Smart Water dari Acer, memberikan keleluasaan pada perusahaan dan pemerintah setempat dalam mengelola ketersediaan air minum bagi warganya. Solusi ini juga menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar, seperti perusahaan agribisnis. Bagi konsumen pada tingkat rumahtangga, solusi ini juga memberikan fitur pelaporan secara real-time mengenai pemakaian air.

Pemanfaatan solusi Smart Water sudah diimplementasikan di Kaosiung, Taiwan, bagi perusahaan agribisnis lokal yang membutuhkan distribusi air yang berkualitas untuk irigasi sawah dan peternakan ikan. Implementasi Smart Water di Kaohsiung meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 15% dibandingkan saat perusahaan agribisnis tersebut belum menerapkan solusi Smart Water.

Acer Smart Water merupakan solusi komprehensif yang terdiri dari rangkaian teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan berbeda yaitu,

1. Water Quality System merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap ketentuan peraturan pemerintahan yang berlaku mengenai pemantauan kualitas air pada industri besar

2. Survey/penelitian menunjukkan terjadinya kebocoran penggunaan air yang cukup tinggi hingga 40% (misalnya dalam distribusi, atau penggunaan industri) di negara berkembang. Water Flow System merupakan solusi untuk memantau dan meningkatkan efektivitas penggunaan dan distribusi air pada tingkat industri atau kawasan

3. Smart Water Meter merupakan solusi dengan teknologi wireless LORA memungkinkan rumah tangga mengirimkan data penggunaan air secara otomatis dan wireless sehingga mudah dipantau oleh perusahaan penyedia air.

Smart Power dan Smart Lighting

Solusi Smart Power dan Smart Lighting, merupakan solusi berteknologi IoT yang memudahkan perusahaan dan pemerintah dalam mengatur pemakaian konsumsi energi listrik untuk penerangan kota, gedung dan instalasinya. Solusi ini dapat mengatur kapan konsumsi daya listrik lebih diperlukan atau harus dikurangi, sehingga pengguna bukan saja menghemat biaya tapi juga memberikan daya lebih lama lagi untuk pemakaian listrik di hari lain.

Smart Agriculture

Terakhir, adalah solusi Smart Agriculture yang membantu perusahaan agribisnis dan petani dalam meningkatkan hasil panen dengan cara memberikan informasi data tentang informasi cuaca dan kondisi tanah, kapan waktu tanam dan panen yang tepat. Solusi ini juga membantu petani untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama.