GadgetSquad.id – Pulau dewata Bali selalu menjadi pilihan destinasi wisata terbaik, baik untuk para masyarakat Indonesia maupun turis dari luar negeri. Hal tersebut dikarenakan Bali memiliki daya tarik yang luar biasa, mulai dari destinasi alam yang sangat indah, kebudayaan, hingga kulinernya.

Tidak hanya itu saja, jika berlibur di Bali, ada banyak pilihan akomodasi penginapan yang bisa dipesan lewat aplikasi, salah satunya Traveloka. Apakah Anda ingin penginapan dengan pemandangan pantai atau sawah? Atau ingin mendapatkan suasana sunyi di pinggir kota?

Nah, bila berencana berlibur ke Bali, ada beberapa tips sebelum Anda menentukan akomodasi penginapan. Jangan sampai hotel atau vila yang Anda pilih tidak sesuai ekspetasi. Selain budget, ada hal lain yang harus selalu diperhatikan sebelum pesan hotel di Bali, berikut ulasannya:

Cek Fasilitas Penginapan yang Diberikan

Fasilitas penginapan merupakan pertimbangan awal yang harus diperhatikan. Di Bali, Anda bisa menemukan berbagai model penginapan, dari yang memberikan fasilitas minim hingga mewah. Ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan selama berlibur.

Anda bisa cek fasilitas penginapan di website resmi mereka atau sosial medianya. Selain itu, juga bisa cek lewat aplikasi Traveloka. Lalu, fasilitas apa saja yang perlu diperhatikan? Di bawah ini ada beberapa fasilitas yang diberikan pihak pengelola penginapan di Bali, Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan.

  • Hampir setiap penginapan di Bali menawarkan fasilitas kolam renang. Ada beberapa yang memberikan kolam renang pribadi maupun publik. Apabila Anda ingin lebih aman dan nyaman, terutama di masa pandemi seperti sekarang, bisa memilih penginapan dengan private pool.
  • Selain kolam renang, layanan pijat relaksasi dan spa juga akan sering Anda temui ketika sedang mencari rekomendasi penginapan di Bali. Namun, beberapa memang tidak memberikan layanan ini. Anda bisa mempertimbangkan fasilitas spa dari pihak penginapan jika berencana untuk menjelajah alam di Bali, seperti tracking atau berjalan-jalan. Dengan menikmati layanan spa, badan bisa kembali segar.
  • Layanan antar jemput di Bandar bisa membantu Anda agar tidak repot mencari kendaraan untuk menuju penginapan. Selain itu, biasanya para pengunjung juga belum tahu pasti di mana lokasi hotel secara tepat. Sehingga, fasilitas ini cukup penting untuk dipertimbangkan.
  • Pilih hotel yang memberikan breakfast gratis karena untuk menjelajah Bali, Anda perlu mengisi tenaga terlebih dahulu. Dengan adanya makan pagi dari pihak hotel, Anda tidak lagi repot mencari rumah makan yang sudah buka di pagi hari.
  • Jika Anda berlibur bersama anak-anak, cari penginapan yang menyediakan area bermain anak. Dengan begitu, anak Anda tidak akan bosan jika seharian di penginapan saja. Ada kalanya orang dewasa merasa lelah untuk berkeliling Bali dan ingin bersantai.

Fasilitas yang diberikan tentu saja berbanding lurus dengan harga booking penginapan. Maka dari itu, sesuaikan dengan budget yang Anda punya. Namun, apabila Anda ingin gaya liburan yang hanya bersantai menikmati fasilitas penginapan saja, pilih penginapan dengan fasilitas yang lengkap dengan layanan terbaik.

Cari Lokasi Hotel yang Dekat dengan Tempat Wisata

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bali tidak hanya menawarkan pantai saja. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Setiap objek wisata di Bali memberikan daya tariknya masing-masing.

Anda seharusnya sudah memiliki list tempat tujuan yang akan dikunjungi. Dengan begitu, akan memudahkan Anda untuk menentukan lokasi hotel yang akan dipesan. Sebaiknya untuk booking hotel yang tidak jauh dengan lokasi-lokasi wisata yang akan Anda kunjungi. Selain menghemat biaya transportasi, tidak akan banyak waktu yang terbuang untuk mencapai tempat wisata.

Baca Juga: Tips Aman Saat Berbelanja Online Di Musim Liburan

Simak Rating dan Review dari Pengunjung Sebelumnya

Sangat penting untuk tidak melewatkan membaca review pengunjung sebelumnya. Anda bisa membaca ulasan dari tamu yang pernah menginap di hotel tersebut di laman atau aplikasi Traveloka. Bahkan, beberapa pengunjung memberikan foto asli kondisi hotel tersebut.

Review dari pengunjung lain cukup membantu Anda menyimpulkan bagaimana kondisi sesungguhnya penginapan tersebut, apakah sesuai dengan deskripsi yang ditulis pihak hotel atau tidak.

Beli Sepaket dengan Tiket Pesawat di Agen Travel

Booking penginapan lewat agen travel, seperti Traveloka, terkadang bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, agen travel biasanya memiliki harga paketan hotel+pesawat sendiri. Dibandingkan dengan memesan satu persatu, ternyata harga paketan ini akan lebih murah.

Pesan Penginapan di Saat Promo

Mendapatkan hotel dengan fasilitas terbaik harga murah memang tidaklah mudah. Anda harus memanfaatkan momen-momen promo yang diberikan dari pihak hotel maupun aplikasi agen travel.

Beberapa orang menyebutkan jika hari terbaik untuk pesan penginapan adalah di hari Senin dan Minggu. Pada hari tersebut, banyak penginapan yang memberikan potongan harga mulai dari tiga hingga dua belas persen. Sementara itu, pada hari Jumat dan Sabtu merupakan hari di mana harga sewa penginapan bisa sangat mahal.

Ada trik mudah untuk mendapatkan hotel harga promo, yaitu dengan memanfaatkan fitur PayLater Traveloka, sehingga Anda tidak akan ketinggalan momen promo tersebut dan langsung booking saat itu juga tanpa ribet.