Ini Bukti OPPO Sangat Peduli Lingkungan dan Kesehatan Bumi

GadgetSquad.ID – Setiap tanggal 22 April, masyarakat dunia memperingati Hari Bumi. Peringatan tersebut salah satunya bertujuan, untuk meningkatkan kesadaran pentingnya melindungi lingkungan dan planet ini.

Tak sekedar ikut meramaikan, OPPO menjadi salah satu vendor yang sudah memberi langkah nyata, untuk melindungi lingkungan, sehingga planet ini bisa lebih sehat lagi.

OPPO terus memanfaatkan teknologi dan kekuatan brand perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk planet bumi, mulai dari penerapan sistem operasional dan desain produk ramah lingkungan hingga edukasi untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap keberlanjutan.

Salah satunya soal sampah plastik, untuk mengurangi jumlah plastik dalam kemasan perangkat, OPPO telah menerapkan prinsip kemasan hijau “3R+1D” berfokus pada pengurangan, daur ulang, penggunaan kembali bahan plastik, dan beralih ke bahan plastik yang bersifat degradable.

Melalui pendekatan ini, OPPO telah berhasil mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam pengemasan di Eropa hingga 95% sejak tahun 2019. OPPO juga memanfaatkan bahan asam polilaktat yang dapat terurai untuk menggantikan penggunaan plastik konvensional.

Untuk mengurangi penggunaan serat kayu, OPPO memanfaatkan berbagai bahan daur ulang. Misalnya di Eropa, kemasan untuk seri OPPO Find X5 terbuat dari sekitar 45% serat daur ulang. Serat ini berasal dari kertas daur ulang atau sampah organik lainnya, seperti tebu dan bambu.

Tak hanya itu, memahami ancaman jangka panjang yang ditimbulkan oleh limbah elektronik terhadap lingkungan, OPPO telah berinisiatif untuk menciptakan produknya lebih tahan lama.

Sebagai contoh, peluncuran terbaru OPPO Find X5 series dilengkapi dengan Battery Health Engine yang dikembangkan secara mandiri oleh OPPO.

Battery Health Engine memungkinkan baterai smartphone untuk mempertahankan lebih dari 80% kapasitas aslinya setelah 1.600 siklus pengisian penuh yang memanfaatkan teknologi 80W SUPERVOOC flash charge dari OPPO.

Kapasitas ini lebih dari dua kali rata-rata dibandingkan dengan yang ada di industri dan memastikan bahwa setiap baterai dapat digunakan lebih lama dan tidak dibuang.

Hingga saat ini, OPPO telah menyediakan program daur ulang dan menawarkan layanan Tukar Tambah di berbagai negara. Di China, OPPO telah menerima lebih dari 1,2 juta ponsel second melalui program daur ulang ini pada tahun 2021. Jumlah ini diperkirakan setara dengan lebih dari 216 ton sampah elektronik.

OPPO juga merupakan salah satu produsen smartphone pertama yang bergabung dalam Eco Rating. Melalui partisipasinya dalam program ini, OPPO bekerja sama dengan pihak lain di industri untuk mendorong transformasi keberkelanjutan lingkungan.

OPPO tak hanya menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah lingkungan dan mendorong keberlanjutan lingkungan melalui teknologi, tetapi juga bermitra dengan berbagai LSM untuk mengajak masyarakat dunia turut terlibat dalam mengatasi masalah tersebut.

Melindungi bumi ini merupakan tanggung jawab bersama kita semua. OPPO meyakini bahwa melalui kemajuan teknologi dan gerakan bersama yang melibatkan masyarakat dunia, dan kita dapat membantu melindungi lingkungan alam.