Ini Fitur Baru di Android Pie Yang Kamu Harus Tahu

0
13

Google akhirnya secara resmi merilis sistem operasi/operating system (OS) terbarunya. Yaitu OS Android versi 9.0 atau yang disebut dengan Android Pie. Pastinya ada beberapa perubahan yang dibawa OS Android Pie terbaru ini. Dan berikut ini beberapa fitur barunya.

Ini Fitur Baru di OS Android Pie Yang Kamu Harus Tahu

Tampilan baru

Google mendesain kotak tampilan pada OS terbaru dengan bentuk membulat di tiap sudutnya. Selain itu tampilan Notifikasi dan ikon Quick Setting ketika bagian atas layar diusap ke bawah, juga tampil baru. Termasuk ikon Setting yang diberi warna lebih bervariasi.

Notifikasi Lebih Lengkap

Google juga menambahkan fasilitas lebih lengkap pada notifikasi. Misalnya jika ada notifikasi pesan yang masuk, maka ada fasilitas untuk langsung me-Reply, dan juga ada fasilitas More Information dari notifikasi.

Baca  juga : Hp Android GO Paling Murah Cuma 1 Jutaan, Apa Bagusnya?

Tersedia Dark Mode

Di OS Android Pie terbaru ini, Google menambahkan fasilitas Dark Mode. Fasilitas ini tersedia di menu Setting. Dark mode berfungsi untuk membuat tampilan user interface memiliki bakcground yang gelap. Tapi kamu juga bisa menentukan untuk mengubah ke tampilan sebaliknya pada pilihan Light Mode. Atau bisa juga membiarkan OS ini menentukan sendiri.

Tampilan Notch

Beberapa hp Android saat ini sudah mengusung desain notch yang ada di layar sisi atas. Mengantisipasi perubahan ini, OS Android Pie bisa memberikan preview seperti apa tampilan dengan notch. Yaitu dengan mengaktifkan menu Developer Mode. Caranya usap ke bawah Drawing section yang ada di menu Developer. Lalu tap pilihan “Simulate a display with a cutout,”.

Screenshot Lebih Mudah

Untuk melakukan screenshot di OS Android Pie, kini semakin mudah. Cukup dengan menekan tombol Power, lalu tap Screenshot. Meski begitu cara lama untuk screenshot yaitu dengan menekan tomvol power dan volume bawah secara bersamaan, masih bisa dilakukan.

Ketika sudah melakukan screenshot, maka akan disediakan fasilitas untuk Edit untuk mengedit hasil screenshoot. Mulai dari draw, crop, atau highlight.

Fitur Lockdown 

OS Android Pie terbaru makin mementingkan keamanan smarthphone. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas Lockdown. Jika fasilitas ini diaktifkan, maka beberapa fitur penting yang terkait keamanan smartphone akan dikunci.

Caranya mengaktifkan fasilitas Lockdown yaitu masuk ke menu Settings > Security and Location > Lock Screen Preferences> lalu aktifkan pilihan Show lockdown.

Baca juga : Update Android Oreo 8.0 Bakal Hadir di Beberapa Hp Samsung, Apa Saja?

Navigasi dengan Gesture 

OS Android Pie menyediakan fasilitas untuk menghilangkan tombol navigasi Back dan Recent App yang biasanya ada di bawah layar bersama tombol Home. Yang disisakan hanya tombol Home. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan cara gesture, atau usapan jari.

Usap layar ke arah kanan untuk kembali ke tampilan sebelumnya (pengganti tombol Back). Usap ke kiri untuk berganti antar aplikasi yang terakhir dibuka. Bisa juga usap ke atas untuk melihat apliaksi yang terakhir dibuka atau tampilan menu aplikasi.

Tombol Rotate 

Kadang selama ini agak terganggu dengan tampilan Auto Rotate layar yang berputar sendiri saat posisi smartphone berubah dari berdiri jadi mendatar atau sebaliknya. Atau ada juga yang lupa mengaktifkan Auto Rotate, padahal dibutuhkan. Kini di OS Android Pie, akan memunculkan tombol khusus Auto Rotate jika posisi smartphone berubah. Jadi cukup tekan tombol tersebut jika memang ingin mengubah posisi tampilan layar.

Namun untuk tahap awal update Android Pie ini baru tersedia untuk smartphone Google Pixel.