GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia termasuk Indonesia. Membawa dampak yang begitu besar bagi kehidupan, terlebih dari sisi ekonomi. Walau tidak mudah dilalui, namun hidup tetap harus berjalan.

Berbagai dinamika yang terjadi selama pandemi, diabadikan Canon dalam bentuk serial dokumenter dengan tema ‘Carry On-Stories In The Time Of Corona’. Sesuai namanya, serial ini menceritakan kisah para pekerja yang berjuang di masa pandemi.

Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascripserial, menuturkan, serial dokumenter ini dibuat dengan harapan untuk bisa menginspirasi masyarakat agar tidak mudah menyerah dengan keadaan, terutama di masa pandemi ini.

“Masa pandemi ini memang meresahkan semua orang, tidak hanya pekerja di bidang tertentu saja. Jadi, pesan yang ingin kami hadirkan adalah kita harus bangkit dan tidak menyerah di tengah kondisi ini,” jelasnya.

Adapun serial dokumenter ini merupakan garapan dari salah satu Canon EOS Creator Indonesia, Reyhan Aliy. Ia dikenal sebagai seorang fotografer dan videografer profesional sekaligus founder Carito Films Creative House

Reyhan mengungkapkan, pembuatan serial dokumenter berawal dari keresahannya mengenai sosok yang sebenarnya juga terdampak pandemi, tapi tidak banyak dibahas.

“Jadi, serial ini terdiri dari enam episode yang membahas enam orang dengan latar belakang berbeda,” tuturnya menjelaskan.

Adapun sosok yang diangkat dalam serial ini terdiri dari pekerja lepas, guru honorer, petugas kesehatan, aktor teater, fotografer, hingga biduan.

Selain latar belakang cerita, hal menarik lainnya yang terungkap dalam pembuatan serial ini, yakni terkait dengan perangkat yang digunakan.

Yup, seluruh proses pembuatan serial ini menggunakan kamera Canon EOS R6. Reyhan menjelaskan, selama produksi dirinya memakai dua kamera Canon EOS R6.

Untuk diketahui, Canon EOS R6 diluncurkan di Indonesia pada tahun lalu. Kamera ini dibekali sensor CMOS full-frame 20MP dapat memotret hingga ISO 102.300 dan dapat ditingkatkan hingga 204.800.

Kamera ini juga menggunakan teknologi Dual Pixel CMOS AF yang sudah disempurnakan dan diberi nama Dual Pixel CMOS AF II. Ada pula teknologi Face Detection dan Eye Detection AF.

Dengan paduan teknologi Dual Pixel CMOS AF II, pengguna dapat menggunakan mode AF Priority untuk memilih prioritas fokus pada manusia atau hewan.

AF kedua kamera ini tidak hanya mampu mengenali tubuh, tetapi juga kepala dan mata subjek sehingga berguna bagi fotografer olahraga atau satwa liar yang memerlukan kecepatan dan fokus maksimal.

Canon EOS R6 hadir dengan teknologi 5-axis In-Body Image Stabilizer (In-Body IS). EOS R6 punya dua slot kartu memori untuk kartu memori SD.

Serial dokumenter ini ditayangkan di kanal YouTube Canon Indonesia mulai 11 November 2021. Episode baru akan tayang setiap minggunya.

Episode pertama yang ditayangkan berjudul ‘Bulanan Jadi Harian’. Episode menceritakan tentang sosok Hidayat sebagai mantan pegawai di perusahaan percetakan.

Ia di-PHK karena omzet perusahaannya terus merugi. Namun ia tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan berbagai cara, mulai dari bekerja sebagai kuli serabutan hingga ojek online.