GadgetSquad.id – Tahun lalu, Apple meluncurkan smartphone seri iPhone 12 sedikit lebih lambat dari jadwal biasanya, Oktober 2020 karena pandemi Covid-19. Tahun ini, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu diperkirakan akan tetap pada jadwalnya untuk seri iPhone 13, September 2021. 

Sementara perusahaan belum mengumumkan tanggal peluncuran untuk generasi berikutnya dari seri Apple iPhone, rumor menunjukkan bahwa perangkat tersebut dapat diluncurkan pada minggu ketiga September. Tetapi sebuah laporan baru sekarang mengklaim bahwa Apple akan meluncurkan smartphone seri iPhone 13 pada 14 September. 

Jika memang benar demikian, maka perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu bisa segera mengumumkan acara peluncurannya, mungkin dalam beberapa hari ke depan. Bersamaan dengan iPhone generasi berikutnya, perusahaan juga akan meluncurkan model Apple Watch Series 7 di acara yang sama. 

Laporan lebih lanjut menambahkan bahwa setelah diumumkan pada 14 September, smartphone akan tersedia untuk dibeli mulai 24 September. Kali ini, Apple akan menjual empat model sekaligus, yakni iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max, menurut Gizmochina.

Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa Apple kemungkinan akan menaikkan harga model seri iPhone 13 mendatang karena kenaikan harga komponen. TSMC mengkonfirmasi bahwa mereka akan menaikkan harga chip hingga 20 persen. Namun, sebagian besar laporan menunjukkan bahwa harga model iPhone 13 kemungkinan akan sama dengan model iPhone 12. 

Jajaran Apple iPhone 13 diharapkan hadir dengan notch yang sedikit lebih kecil dan refresh rate 120Hz untuk varian Pro. Juga ditegaskan kembali bahwa perusahaan akan menawarkan model penyimpanan internal terbesar 1TB kali ini, termasuk dukungan mmWave 5G untuk negara-negara di luar Amerika Serikat.

Ponsel dikatakan datang dengan sirkuit internal hemat-ruang, yang memungkinkan perusahaan untuk menawarkan baterai yang lebih besar di dalam perangkat. Ponsel iPhone baru akan hadir dengan dukungan teknologi pengisian cepat 25W, sedikit peningkatan dari pengisian daya 22W saat ini. Hal ini juga diharapkan datang dengan pemindai LiDAR.