iPhone 13 Pro Bakal Dipasang Layar AMOLED Buatan Samsung 

iphone

GadgetSquad.id – Beberapa bocoran menyebutkan bahwa iPhone 13 model Pro akan memiliki layar 120 Hz tahun ini. Dan sebuah laporan baru dari Korea pada dasarnya menegaskan hal itu, sambil menambahkan beberapa info baru yang menarik mengenai spesifikasi generasi hape baru itu.

Ada dua model yaitu iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang dikatakan mendapatkan layar AMOLED LTPO baru dengan kecepatan refresh 120 Hz. Dan ini akan dibuat secara eksklusif oleh pembuat layar asal Korea, Samsung Display, demikian dilaporkan GSM Arena.

Namun, bukan hanya itu, Samsung Electro-Mechanics juga akan ikut memasok papan sirkuit cetak fleksibel yang kaku (RFPCB). Fungsinya, digunakan untuk menghubungkan panel OLED ke papan utama.

Teknologi RFPCB kaku, tapi dapat dilipat, yang memungkinkan desain produk yang lebih nyaman (tanpa ‘dagu’ yang tidak sedap dipandang). Serta transmisi sinyal listrik yang lebih cepat. RFPCB lebih mahal daripada FPCB yang lebih tradisional. 

Samsung Electro-Mechanics telah mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis RFPCB tahun lalu, karena belum mendapatkan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir. Produk terakhir yang dipasok papan untuk adalah iPhone 12. Dan tampaknya keluar masih mungkin terjadi setelah generasi iPhone 13. 

Samsung Display diharapkan memasok 110 juta panel untuk iPhone tahun ini, diikuti oleh LG Display dengan 50 juta, dan BOE dengan 9 juta. 

Bocoran sebelumnya, dalam catatan kepada investor, analis terkenal Ming-Chi Kuo mengungkapkan bahwa iPhone 13 Pro Max akan memiliki kamera utama yang berbeda dibanding model iPhone 13 lainnya. Model tertinggi itu akan menggunakan lensa f/ 1.5 yang sedikit lebih terang di atas sensor utamanya.

Sedangkan iPhone 13, iPhone 13 mini dan iPhone 13 Pro akan menggunakan lensa f/ 1.6 untuk kamera utamanya. Ini akan memiliki kesamaan atau identik dengan imager utama yang ada di iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 mini. Namun, belum ada kabar tentang perbedaan sensor di belakang kamera itu.

Semua model iPhone 13 akan memiliki lensa 7P (yaitu tujuh elemen kaca) di atas sensor kamera utama mereka, sama seperti seri iPhone 12. Lensa 7P meningkatkan kecepatan transmisi cahaya, yang menghasilkan kualitas gambar lebih baik, juga mengurangi penyimpangan berwarna.

Tujuan Apple adalah untuk beralih ke lensa 7P di semua kamera belakang iPhone dalam beberapa tahun ke depan. Menurut Kuo, pemasok lensa Cina, Sunny Optical akan lolos verifikasi kualitas untuk komponen 7P. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pengiriman 7P untuk jajaran iPhone 13 diharapkan akan dimulai pada kuartal dua (Q2) tahun 2021.